Saat Catur Menyatukan Pendukung Jokowi dan Prabowo

Pilpres 2019 tak selamanya identik dengan perselisihan antara pendukung Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Saat Catur Menyatukan Pendukung Jokowi dan Prabowo
Warta Kota/Eko Priyono
Warga RW 006 Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, bertanding catur, Sabtu (16/3/2019). 

Sabtu (16/3/2019) siang, kantor sekaligus ruang serbaguna Rukun Warga 006 di Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, lebih ramai dari biasanya.

Puluhan orang yang kemudian teridentifikasi sebagai pendukung calon Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto dari Rukun Tetangga (RT) 001, 002, 004, 005, 006, dan 007, berada di lokasi yang sama.

Warga RW 006 Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Sabtu (16/3/2019), bertanding catur.
Warga RW 006 Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Sabtu (16/3/2019), bertanding catur. (Warta Kota/Eko Priyono)

Bukan Untuk Gaya, Jokowi Bongkar Alasan Sekolahkan Gibran, Kahiyang, dan Kaesang di Luar Negeri

Emak Emak Dukung Prabowo Sandi Lewat Videoklip Theatrical Yang Fenomenal

Debat Ketiga Cawapres Digelar 17 Maret 2019, Ini Persiapan Maruf Amin dan Sandiaga Uno

Namun, mereka hadir ke ruang serbaguna tersebut bukan dalam rangka mengampanyekan jagoan masing-masing. Mereka satu lokasi untuk berolahraga.

Ya, pendukung Jokowi dan Prabowo saling adu taktik lewat olahraga catur. Bukan untuk saling mengalahkan kemudian pamer eksistensi namun demi menjaga silaturahmi.

Setelah Transjakarta, Besok Jasa Marga Ongkosin Pengguna KRL di Bekasi Tiap Senin

Siaran Langsung Indosiar dan Live Streaming Timnas U-23 vs Bali United Minggu (17/2) Sore

Kegiatan itu diprakarsai Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), Boni Hargens. Boni mengatakan LPI mendorong warga RT dan RW bersama-sama menciptakan pemilu yang damai.

Boni Hargens dalam diskusi 'telaah gerakan #2019gantipresiden dari perspektif ancaman negara' di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9/2018).
Boni Hargens dalam diskusi 'telaah gerakan #2019gantipresiden dari perspektif ancaman negara' di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9/2018). (TRIBUNNEWS/FRANSISKUS ADHIYUDA)

"Catur adalah simbol kekeluargaan, maka apapun pilihan politiknya, kita tetap satu keluarga besar Indonesia," kata Boni.

"LPI percaya Jakarta aman karena warganya mencintai kerukunan, kedamaian. Meski politik cukup tegang dan panas, hati tetap damai bersaudara, sebagai satu keluarga," ujar pria yang juga pengamat politik tersebut.

Slank dan 107 Musisi Luncurkan Video Clip #BarengJokowi
Slank dan 107 Musisi Luncurkan Video Clip #BarengJokowi (Warta Kota)

Kebersamaan

Ketua Dewan Penasihat LPI, Saud Ahmad menyatakan LPI menyelenggarakan pertandingan catur di lingkungan RW 006 agar kian mempererat kebersamaan warga.

"Siapapun yang menang Pilpres (Pemilihan Presiden), warga akan tetap berdampingan. Komitmen inilah yang membuat pengurus RW 006 dan jajarannya menggelar turnamen ini. Pilpres supaya aman, tenteram. Jadi lewat catur bisa damai walaupun berbeda pilihan politiknya," ujar Saud.

CALON presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri acara silaturahmi dengan purnawirawan TNI-Polri dan relawan, di Gelanggang Olahraga Otista, Jakarta Timur, Sabtu (16/3/2019).
CALON presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri acara silaturahmi dengan purnawirawan TNI-Polri dan relawan, di Gelanggang Olahraga Otista, Jakarta Timur, Sabtu (16/3/2019). (TRIBUNNEWS/CHAERUL UMAM)
Halaman
12
Penulis: Eko Priyono
Editor: Eko Priyono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved