Program 'Antik', Asri Tanpa Plastik Juga Sasar Sedotan dan Wadah Styrofoam

Pemerintah Kabupaten Bogor bakal memperluas program Asri Tanpa Plastik (Antik) kepada penggunaan sedotan dan wadah makanan styrofoam.

Program 'Antik', Asri Tanpa Plastik Juga Sasar Sedotan dan Wadah Styrofoam
Pemkot Bogor
Pemberlakuan tidak pakai kantong plastik saat belanja di Kota Bogor 

Pemerintah Kabupaten Bogor bakal memperluas program Asri Tanpa Plastik (Antik) kepada penggunaan sedotan dan wadah makanan styrofoam.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Atis Tardiana, Sabtu (16/3) saat ditemui di Kawasan Pengolahan Sampah Terpadu di Sentul City, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Iya, Objek (program Antik) kita perluas sampai penggunaan sedotan dan styrofoam," tegasnya kepada  Wartakotalive.com.

Untuk melaksanakan program tersebut, kata Atis, pihaknya menyasar pelaku usaha restoran, cafe, serta hotel.

Setidaknya ada sejumlah 150 hotel yang berizin yang berada di daerahnya. Oleh karena itu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi ke para pelaku usaha.

Atis mengatakan sejauh ini Pemkab Bogor sudah memulai sosialisasi diawali di kalangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan melarang menggunakan plastik selama melangsungkan kegiatan rapat.

"Sosialisasi dilakukan ke SKPD terlebih dahulu. Terobosannya biar benar-benar jalan kita baru lakukan via `banner' untuk sosialisasi. Makanya kita sasar SKPD dan para kepala sekolah biar lebih masif," ujarnya.

Dia menyebutkan timbunan sampah setiap harinya di Kabupaten Bogor mencapai 2.850 ton. Sementara hanya 700 ton yang bisa diangkut oleh anggotanya karena kekurangan sarana dan prasarana.

Dari 2.850 ton sampah itu, sebanyak 16 persen berupa sampah plastik dan 60 persen berupa organik dan sisanya sampah jenis kaleng.

Sebagai informasi, Bupati Bogor Ade Yasin mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) melalui program Kabupaten Bogor Asri Tanpa Plastik (Antik). Target penerapan dari program Antik tersebut akan dimulai pada 17 Agustus 2019 mendatang.

Penulis: Adi Kurniawan
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved