Banjir Bandang Sentani

Hingga Siang Ini, Korban Tewas Banjir Bandang di Sentani Jayapura Capai 50 Orang, 59 Luka-luka

Sebanyak 49 korban tewas banjir bandang Sentani sudah berhasil diidentifikasi, sedangkan satu jenazah masih dalam proses identifikasi.

Hingga Siang Ini, Korban Tewas Banjir Bandang di Sentani Jayapura Capai 50 Orang, 59 Luka-luka
Istimewa
SALAH satu daerah di Sentani, Jayapura, Papua yang terdampak banjir bandang pada Sabtu (16/3/2019) pukul 21.30 WIT. 

"Tim SAR gabungan masih melakukan evakuasi dan belum semua daerah terdampak dijangkau karena tertutup pohon, batu, lumpur dan material banjir bandang."

JUMLAH korban tewas akibat banjir bandang di Sentani Jayapura, Papua, terus bertambah. Data per Minggu (17/3/2019) pukul 10.15 WIB dari proses evakuasi dan pencarian menunjukkan, korban tewas mencapai 50 orang.

Dari 50 korban tewas itu, 38 jenazah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Papua, 7 ke RS Marthin Indey, dan 5 lainnya di RS Yowari.

Sebanyak 49 korban tewas sudah berhasil diidentifikasi, sedangkan satu jenazah masih dalam proses identifikasi.

Sementara itu, 59 orang yang mengalami luka-luka dirujuk ke PKM Sentani, RS Bhayangkara dan RS Yowari.

Banjir Bandang di Sentani Jayapura Tewaskan 14 Orang, 18 Luka-luka

Jenazah korban bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura pada Sabtu malam (16/3/2019) sedang dibawa ke Ruang Jenazah RS Bhayangkara Jayapura, Minggu (17/3/2019). Hingga Minggu pagi, pihak RS sudah menerima 38 kantong jenazah.
Jenazah korban bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura pada Sabtu malam (16/3/2019) sedang dibawa ke Ruang Jenazah RS Bhayangkara Jayapura, Minggu (17/3/2019). Hingga Minggu pagi, pihak RS sudah menerima 38 kantong jenazah. (Kompas.com/Dhias Suwandi)

Penanganan medis dikoordinasi oleh Dinas Kesehatan Jayapura dan Dinas Kesehatan Papua.

"Evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban diintensifkan untuk mencari korban. Tim SAR gabungan masih melakukan evakuasi dan belum semua daerah terdampak dijangkau karena tertutup pohon, batu, lumpur dan material banjir bandang," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran resminya, Minggu (17/3/2019).

Dipaparkan Sutopo, Kepala BNPB telah melaporkan kepada Presiden dampak bencana dan penanganan bencana banjir bandang.

BNPB akan berangkat ke Sentani untuk memberikan pendampingan dan bantuan kepada Pemda Jayapura dan Papua.

Sementara itu, dalam siaran pers Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo yang diterima Wartakotalive.com sebelumnya, data banjir bandang yang menerjang 9 kelurahan di Sentani tersebut pada pukul 08.30 pagi tadi menunjukkan, 42 orang meninggal dunia dan 21 orang luka-luka.

Kerusakan meliputi 9 rumah rusak terdampak banjir di BTN Doyo Baru, 1 mobil rusak atau hanyut, jembatan Doyo dan Kali Ular mengalami kerusakan, sekitar 150 rumah terendam di BTN Bintang Timur Sentani, serta kerusakan 1 pesawat jenis Twin Otter di Lapangan Terbang Adventis Doyo Sentani.

Dampak kerusakan masih akan bertambah karena pendataan masih dilakukan dan belum semua daerah terdampak dijangkau oleh Tim SAR gabungan.

"Tim SAR gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI dan relawan melakukan penanganan darurat. Evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban juga masih dilakukan di daerah terdampak," tutur Sutopo.

Penulis: Fred Mahatma TIS
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved