INFO KEMENTERIAN

Aktif Perbarui Data Penyaluran Bansos, Mensos Puji Kabupaten Bandung

Mensos menyatakan, data yang terbarui dengan baik akan membuat data itu kredibel dan memperkecil peluang terjadinya penyimpangan.

Aktif Perbarui Data Penyaluran Bansos, Mensos Puji Kabupaten Bandung
Dok. Humas Kementerian Sosial
Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, didampingi Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat, berdialog dengan warga dalam kegiatan Sosialisasi Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/03/2019). 

MENTERI Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita menekankan pentingnya perbaruan ( up-dating ) data dalam penyaluran bantuan sosial. Data yang aktif diperbarui dan kredibel sangat membantu dalam ketepatan penyaluran bantuan sosial kepada target yang ditentukan.

Dalam kaitan tersebut, Mensos memuji Kabupaten Bandung yang termasuk aktif memperbarui data.

“Kita semua tahu, kita semua paham bahwa  up dating data bisa dikatakan segalanya dalam penyaluran bantuan sosial. Saya mendapat informasi Kabupaten Bandung salah satu daerah yang terbaik dalam up dating data kemiskinan,” kata Mensos dalam kegiatan Sosialisasi Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/03/2019).

Mensos menyatakan, data yang terbarui dengan baik akan membuat data itu kredibel dan memperkecil peluang terjadinya penyimpangan.

“Karena sejak awal memang sudah baik. Apalagi sekarang (indeks bantuan) PKH sudah non-flat. Sehingga tidak bisa dibikin-bikin. Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih kepada bapak kepala desa, bapak camat, dan bapak Bupati Bandung yang telah bekerja sama dengan baik,” kata Mensos.

Mensos juga mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada SDM PKH, SDM BPNT, secara khusus yang berada di Kabupaten Bandung, yang sudah memberikan kontribusi pada usaha percepatan pengurangan kemiskinan.

Kepada KPM yang hadir, Mensos mengingatkan, berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) per September 2018, angka kemiskinan di Indonesia sudah berhasil ditekan dan dalam saat bersamaan pemerintah juga memperbaiki angka gini rasio.

Di lain pihak Mensos minta didoakan, karena sedang mempersiapkan konsep kebijakan kenaikan bantuan pangan dan sembako murah dengan nilai lebih dari Rp110.000 (nilai bansos pangan setiap bulan) – sesuai arahan Presiden.

“Kami di Kementerian Sosial sedang mempersiapkan konsep bantuan sembako murah. Mudah-mudahan pada tahun 2020 bisa naikkan bantuan sembako murah di atas Rp110.000 untuk  mengurangi beban belanja ibu-ibu. Mohon didoakan ya bu,” katanya.

Jabar tiga besar

Halaman
12
Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved