Operasi Tangkap Tangan

5 Ketua Umum Partai Terjerat Kasus Korupsi, Selain Romahurmuziy Ini Empat Lainnya

ROMAHURMUZIY alias Romy menambah daftar politisi Indonesia dan ketua umum partai yang dijerat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus korupsi.

5 Ketua Umum Partai Terjerat Kasus Korupsi, Selain Romahurmuziy Ini Empat Lainnya
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ketua Umumm PPP Romahurmuziy keluar dari Gedung KPK Jakarta memakai rompi tahanan, seusai diperiksa oleh penyidik, Sabtu (16/3/2019). Romahurmuziy ditahan oleh KPK seusai ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan suap seleksi jabatan di Kementerian Agama. 

Romy yang menjadi Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menjadi ketua umum partai kelima yang dijerat KPK dalam kasus korupsi. Sementara itu empat ketua umum lainnya berasal dari Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Persatuan Pembangunan.

ROMAHURMUZIY alias Romy menambah daftar politisi Indonesia dan ketua umum partai yang dijerat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus korupsi.

Sabtu (16/3/2019), KPK mengumumkan penetapan tersangka terhadap anggota DPR itu. Romahurmuziy menjadi Ketua Umum Partai kelima yang dijerat KPK.

Dalam kasus ini, Romy diduga sudah menerima uang dengan total Rp 300 juta dari dua pejabat Kementerian Agama di Jawa Timur.

Mereka adalah Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muafaq Wirahadi.

Ini 10 Fakta OTT Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Sempat Berusaha Kabur hingga Kekecewaan Mbah Moen

Mbah Moen Kecewa kepada Romahurmuziy, Kenapa Terjadi Lagi

PPP Jawa Barat Minta Maaf Terkait OTT KPK Romahurmuziy di Surabaya

Uang itu diduga sebagai komitmen kepada Romy untuk membantu keduanya agar lolos dalam seleksi jabatan di wilayah Kemenag Jawa Timur.

Romy dianggap mampu memuluskan mereka ikut seleksi karena ia dianggap mampu bekerja sama dengan pihak tertentu di Kemenag. Romy bersama pihak tertentu dinilai mampu memengaruhi hasil seleksi.

Pada waktu itu, Haris melamar posisi Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Sementara itu, Muafaq melamar posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik.

Romy yang menjadi Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menjadi ketua umum partai kelima yang dijerat KPK dalam kasus korupsi.

Selain Romy yang menjadi ketua umum partai kelima yang terjerat kasus korupsi, siapa saja empat ketua umum partai lainnya?

1. Setya Novanto Ketua Umum Partai Golkar

Mantan Ketua DPR dan mantan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (18/12/2018).
Mantan Ketua DPR dan mantan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (18/12/2018). (Kompas.com/Abba Gabrillin)
Halaman
1234
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved