Siap-siap Diterapkan Ganjil-Genap di Jalan Margonda Depok Usai Pilpres April Nanti

Berbeda dengan DKI, aturan ganjil-genap di Kota Depok direncanakan akan berlaku tiap akhir pekan, Sabtu-Minggu.

Siap-siap Diterapkan Ganjil-Genap  di Jalan Margonda Depok Usai Pilpres April Nanti
Warta Kota
Kemacetan arus lalu lintas di Jalan Margonda, Kota Depok, beberapa waktu lalu. 

Usai Pemilu 2019 nanti, rencananya Pemerintah Kota Depok memberlakukan sistem ganjil genap di salah satu ruas jalan di Jalan Margonda.

Gagasan ini akan diterapkan sambil menunggu pembangunan underpass yang ditawarkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, betul-betul hadir.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, berencana akan memberlakukan aturan ganjil-genap di Jalan Raya Margonda, usai perhelatan Pemilu Serentak untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, dan DPRD, 17 April mendatang.

Berbeda dengan DKI, aturan ganjil-genap di Kota Depok direncanakan akan berlaku tiap akhir pekan, Sabtu-Minggu. Karena, kemacetan terparah justru terjadi pada Sabtu-Minggu.

"Pemberlakuan itu sudah melalui koordinasi bersama Dishub Depok dan nantinya akan diberlakukan setelah 17 April 2019 dengan tujuan untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang saat ini sering terjadi di daerah tersebut," kata Direktur Prasarana BPTJ Kementerian Perhubungan, Wisnu Heru Baworo, kepada wartawan, Jumat (15/3) kepada Wartakotalive.com.

Wisnu menjelaskan, penerapan ganjil-genap itu merujuk pada dasar hukum penerapan pembatasan kendaraan pribadi, yakni Pasal 133 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Penerapan kebijakan ganjil-genap itu, terang Wisnu, juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan ruang lalu lintas.

Menurut Wisnu, pesatnya pembangunan di Kota Depok yang diikuti meningkatnya mobilitas warga di ruas-ruas jalan tersebut, menyebabkan seringkali terjadi penumpukan kendaraan.

Untuk itu, tidak tertutup kemungkinan aturan ganjil-genap ini juga bakal diterapkan pada hari kerja (weekdays).

Padatnya arus lalu lintas di Kota Depok, khususnya ruas Jalan Raya Margonda, Jalan Dewi Sartika, Jalan Kartini, dan Jalan Siliwangi, memang telah lama dikeluhkan warga.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved