Pengetahuan Masyarakat Terhadap Penyakit TBC Masih Kurang

Pihaknya akan berusaha sekuat tenaga untuk ikut berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya pengendalian program TBC.

Pengetahuan Masyarakat Terhadap Penyakit TBC Masih Kurang
Lifealth
Ilustrasi penyakit batuk yang dialami warga. 

Peringatan hari Tuberculosis (TBC) di Jakarta Selatan diisi dengan evaluasi mengenai masih kurangnya kesadaran masyarakat terkait gejala penyakit ini.

Padahal, jika dibiarkan berlarut-larut, TBC bisa menjadi penyakit yang berbahaya.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Muhammad Helmi mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan temuan penderita TBC demi turut menyukseskan target menuju eliminasi TBC tahun 2030 di Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan beberapa kegiatan sebagai partisipasi Hari TB Sedunia (HTBS).

"Seperti gerebek TB di RW-RW rawan TBC di seluruh Jakarta Selatan, Skrining TBC pada panti asuhan, sekolah, pegawai Puskesmas, kelurahan, dan perusahaan," ujar Helmi di acara peringatan Hari TBC Sedunia, di Balai Prajurit Korps Marinir, Jalan Raya Cilandak KKO, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

Helmi menuturkan, pihaknya akan berusaha sekuat tenaga untuk ikut berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya pengendalian program TBC.

"Serangkaian kegiatan tersebut merupakan salah satu cara meningkatkan pengetahuan tentang TBC pada masyarakat, sekaligus momentum untuk meningkatkan dukungan dan komitmen dari semua pihak untuk memberantas TBC," terangnya.

Kepala Puskesmas Pasar Minggu Dewi Isnawati mengatakan, untuk meningkatkan penemuan kasus TBC ini, diperlukan kerja sama dari semua pihak baik dari unsur pemerintahan maupun swasta, dan kalangan sipil maupun militer.

"Kesadaran masyarakat tentang TBC pun masih menjadi persoalan. Meskipun memiliki gejala TBC, tidak banyak masyarakat yang mengakses pengobatan dikarenakan beberapa faktor, yaitu adalah rendahnya pengetahuan dan stigma negatif tentang TBC," katanya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved