MotoGP

Ini Surat Terbuka Terkait MotoGP Indonesia untuk Presiden Jokowi

Mantan Direktur FIM World Championship Superbike Indrajit Sardjono menyampaikan surat terbuka kepada Presiden Jokowi terkait MotoGP Indonesia.

Ini Surat Terbuka Terkait MotoGP Indonesia untuk Presiden Jokowi
Instagram/@sea.infra
Maket Sirkuit Mandalika, Lombok. 

Bandara di Lombok masih terbatas dari sisi jenis pesawat yang bisa mendarat, sedangkan jumlah motor yang harus diangkut dalam waktu bersamaan adalah 90 units - Moto2, Moto3 dan MotoGP dimana jumlah orang yang akan tiba di waktu bersamaan diperkiraan adalah 800 - 900 orang.

INDRAJIT Sardjono, sebagai mantan Ketua Departemen Olahraga dan Tehnik Ikatan Motor Indonesia (IMI) periode 1992-1998, dan Direktur FIM World Championship Superbike, Flamini Group, Rome Italia 1992-1994, menyampaikan surat terbuka kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Indrajit menyampaikan, ada beberapa hal yang menjadi kekhawatiran dan mungkin bisa juga dijadikan sebagai masukan, agar penyelenggaraan MotoGP di Indonesia ini tetap berlangsung sesuai dengan harapan.

Poin penting yang dipertanyakan dalam surat terbuka terkait MotoGP Indonesia di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), yaitu:

1. Bandara di Lombok masih terbatas dari sisi jenis pesawat yang bisa mendarat, sedangkan jumlah motor yang harus diangkut dalam waktu bersamaan adalah 90 units - Moto2, Moto3 dan MotoGP dimana jumlah orang yang akan tiba di waktu bersamaan di perkiraan adalah 800 - 900 orang.

Selayak nya balapan MOTO2, MOTO3 dan GP - alat, pembalap dan team sudah harus tiba di Hari Senin sebelum di Hari Jumat kemudian di Minggu yang sama sudah bisa latihan.

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Kemenpora Optimistis Tak Akan Gagal Lagi

Presiden Jokowi Pastikan Indonesia Tuan Rumah MotoGP 2021: Saya Akan Tunggangi Motor Balap Ini

2. FIM akan mempersyaratkan masalah safety dengan ketat oleh karena itu fasilitas Rumah Sakit harus sangat baik.

3. Masalah sumber daya manusia di dalam penyelenggaraan MotoGP adalah hal yang tidak mudah, sehingga dari jauh jauh hari sudah harus dipersiapkan.

4. IMI atau Ikatan Motor Indonesia sebaik nya dilibatkan dari awal, sehingga dapat berkomunikasi secara intense dengan FIM mengenai standard circuit, safety dan hal hal lain nya (persiapan sumber daya manusia).

"Saya hanya ingin menyampaikan rasa kekhawatiran saja, saya tidak ada hubungannya dengan politik, karena saya suka dengan olahraga motor, agar jangan sampai ajang ini tidak jadi diselenggarakan," kata Indrajit ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (15/3/2019).

desain sirkuit mandalika lombok
desain sirkuit mandalika lombok (instagram sea.infra)

Apresiasi

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved