Area Kumuh Pinggiran Kali Ciliwung Berubah Jadi Tempat Selfie dan Bermain Anak

Memanfaatkan sampah-sampah botol plastik, area yang terletak di dekat Kantor Kecamatan Pasar Rebo itu pun sering dukunjungi warga.

Area Kumuh Pinggiran Kali Ciliwung Berubah Jadi Tempat Selfie dan Bermain Anak
Warta Kota/Rangga Baskoro
Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Unit Pos Gerojokan, Pasar Rebo, Jakarta Timur mengubah area kumuh di pinggiran Kali Ciliwung menjadi tempat selfie dan area bermain anak. 

Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Unit Pos Gerojokan, Pasar Rebo, Jakarta Timur mengubah area kumuh di pinggiran Kali Ciliwung menjadi tempat selfie dan area bermain anak.

Dengan memanfaatkan sampah-sampah botol plastik, area yang terletak di dekat Kantor Kecamatan Pasar Rebo itu pun sering dukunjungi warga, termasuk anak-anak SD.

"Sering ke sini kalau habis pulang sekolah," ucap Riandi, anak SD yang masih duduk di kelas 5, Jumat (15/3/2019).

Riandi bersama tiga orang temannya terkesan lantaran pada akhirnya bisa melihat kegunaan dari botol-botol plastik. Hal itu yang sangat jarang didapatkannya di pendidikan formal.

"Kalau di sekolah diajarin, caranya daur ulang. Tapi jarang dipraktikin. Melihatnya di tempat ini," ungkapnya.

Saking senangnya bermain di area itu, wahan motor-motoran yang terbuat dari kayu dan botol plastik rusak lantaran sering dimainkan anak-anak tersebut.

Di sisi lain, Winda (25) mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh para petugas UPK Badan Air. Ia berpendapat bahwa hal terpenting dalam menjaga lingkungan adalah dengan cara mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari.

"Ya jangan hanya cuma kampanye saja ya. Kalau bisa bentuk daur ulangnya juga ada. Ini kan juga bisa jadi salah satu cara mengurangi konsumsi bahan-bahan plastik," kata Winda.

Winda pun sering menghabiskan waktu di area tersebut untuk bersanti dan melakukan swa foto.

"Bagus ya, meski sederhana tapi kita enggak nyangka aja kalau hasilnya seperti ini," katanya.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved