Berita Video

VIDEO: Wanita Penumpang Ethiophian Airlines Bawa Sabu dalam 13 Kaleng Saus Tomat

seorang wanita berinisial BWN warga asal Kenya yang tiba dari Nigeria menggunakan maskapai Ethiopian Airlines.

Petugas gabungan Bea Cukai dan Polresta Bandara Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 11 kilogram yang disembunyikan di dalam kaleng saus tomat.

Penyelundupan kali ini diketahui merupakan modus baru yang dilakukan oleh enam pelaku warga negara asing (WNA) pada 20 Februari 2019.

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang mengatakan puluhan kaleng berisikan sabu tersebut diangkut oleh WNA asal Afrika Barat berinisial AD (33) di Terminal 3.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, AD kedapatan membawa enam kaleng saus tomat dengan merk Ricci yang di dalamnya berisi kristal bening yang diduga sabu seberat 1.603 gram," jelas Erwin di Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (12/3/2019).

Ia mengatakan dalam puluhan kaleng tersebut juga dicampur dengan tumpukan ikan asin untuk mengkecoh petugas saat pemeriksaan Xray di Terminal 3.

Juga untuk mengelabui penciuman K9 atau anjing petugas yang dilatih untuk mengendus barang haram tersebut.

"Mereka memang berharap kalau dilajukan Xray itu mereka bisa kelabui kita dengan memasukkan ke dalam tempat yang menurut mereka aman. Berharap saat pendeteksian dengan K9 bisa terkelabui karena di dalam tas mereka ada ikan kering," jelas Erwin.

VIDEO: Yuki Kato Juga Suntik Vaksin HPV Cegah Kanker Serviks, Tapi Lebih Grogi Dibanding Cinta Laura

Menurutnya, narkotika jenis sabu sebetat 11 kilogram itu rencananya akan dikirim ke sebuah hotel yang berlokasi di Jakarta Pusat.

Melalui pengembangan dan penyelidikan dengan jajaran Polresta Bandara Soekarno-Hatta, tim gabungan berhasil menciduk PN (28), WNA asal Nigeria di hotel tersebut.

"Setelah dilakukan controlled delivery, ternyata pelaku PN ini bertindak sebagai penerima barang. Sabu tersebut berencana diedarkan di Jakarta," sambung Erwin.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved