Berita Video

VIDEO: Ibu Gubernur DKI Jakarta Ferry Farhati datangi Bina Kelompok Lansia Percontohan di Pancoran

Ia mengharapkan, BKL Impala dan BKL Cempaka dapat menularkan semangat kepada BKL lainnya

Bina Kelompok Lansia (BKL) Impala RW04 Kelurahan Pancoran dan BKL Cempaka Tebet resmi ditetapkan sebagai BKL percontohan tingkat provinsi DKI Jakarta atas sejumlah prestasi dan program unggulan yang menginspirasi pembentukan BKL lainnya di Jakarta.

Ketua TP PKK, Ferry Farhati mengungkapkan, keberadaan BKL sangat dibutuhkan mengingat jumlah lansia di Jakarta cukup tinggi. Ia mengharapkan, BKL Impala dan BKL Cempaka dapat menularkan semangat kepada BKL lainnya yang masih belum cukup aktif berkegiatan.

"Atas nama PKK saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi BKL Impala dan Cempaka yang telah menjadi percontohan. Kami akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk kesejahteraan keluarga. Perhatian terhadap lansia sangat penting di keluarga," kata Istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini saat mengukuhkan kedua BKL ini sebagai BKL percontohan di Pos RW 04 Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (14/3).

Ia menambahkan, keberadaan lansia sering dianggap beban dalam keluarga sehingga mereka kurang mendapat perhatian. Padahal peran dan perhatian keluarga sangat menentukan terbentuknya lansia tangguh.

VIDEO: Nikita Mirzani Minta Nafkah dalam Jumlah Besar dari Anak Konglomerat

VIDEO: Nikita Jalani Sidang Istbat Pernikahan Siri di Pengadilan

VIDEO: Lihat Geroginya Cinta Laura Saat Disuntik Vaksin Cegah Kanker Serviks

”Lansia telah melewati perjalanan hidup yang panjang serta memiliki pengetahuan, pengalaman yang luas, dan kearifan yang semua itu dapat dimanfaatkan untuk membuat karya nyata dalam pembangunan nasional

Tuty Kusumawati selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta menyebut, penduduk lansia di Jakarta mencapai tujuh persen dari total jumlah penduduk.

Sementara itu, penduduk lansia di Indonesia pada 1970 sekitar 5,3 juta jiwa (4,48%). Tahun 1990 berkembang menjadi 12,7 juta jiwa (6,29%) dan 2010 mencapai 18 juta jiwa (7,6%). Sementara 2020 diprediksikan lansia sebanyak 28,8 juta jiwa (11,34%). Peningkatan jumlah penduduk lansia di Indonesia setiap tahunnya meningkat secara drastis yang perlu perhatian khusus.

"Pencanangan BKL adalah implementasi dari Pemprov DKI Jakarta untuk program 2017-2022. Di mana salah satu misinya untuk menjadikan Jakarta kota yang aman, sehat, cerdas, berbudaya dan memperkuat nilai-nilai keluarga," kata dia.

Ia menyebut, keberadaan BKL menjadi titik terang untuk menyikapi adanya perubahan demografis yamg terus terjadi di Jakarta.

"Dengan upaya pemerintah yang sistematis maka usia harapan hidup di Jakarta ini juga akan semakin meningkat. Pendudul lansia sudah semakin banyak. Menuntut kita untuk menyikapi dengan tepat dan tentunya disesuaikan dengan kondisi yang ada," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved