Ulah The Jakmania Tuai Pujian di Myanmar

Ketua Harian The Jakmania, Irlan Alarancia mengungkapkan, para Jakmania melakukan bebersih secara spontan setelah menang 3-1 di kandang Shan United.

Ulah The Jakmania Tuai Pujian di Myanmar
Harian Super Ball
Harian Super Ball edisi Kamis (14/3/2019) halaman 12 

TIDAK hanya pemain-pemain Persija yang pulang dari Myanmar dengan kepala tegak. The Jakmania juga pulang dengan wajah semringah, karena mendapat pujian selangit.

Pujian itu didapat The Jakmania dari Fox Sports Asia yang menyanjung aksi para suporter Persija Jakarta itu usai laga di Grup G Piala AFC 2019 melawan tuan rumah Shan United di Thuwanna YTC Stadium, Yangon, Myamar, Selasa (12/3/2019). Usai laga, Jakmania melakukan aksi bersih-bersih stadion.

"Kebiasaan yang luar biasa! Suporter Persija terlihat membersihkan stadion setelah Persija berhasil menang melawan tuan rumah Shan United. Sekali lagi mereka memenangkan hati kami," tulis Fox Sports Asia dalam Bahasa Inggris di Instagram, @foxsportsasia dan website Fox Sports.

Suporter Persija yang dimaksud Fox Sports adalah puluhan The Jakmania yang melakukan away days ke Myanmar untuk mendukung Macan Kemayoran.

Ketua Harian The Jakmania, Irlan Alarancia, yang kebetulan turut membersihkan stadion mengungkapkan, para Jakmania melakukan bebersih secara spontan setelah tim kebanggaan berhasil menang 3-1 di kandang Shan United.

"Sebenarnya spontan saja. Itu inisiatif anak-anak yang nonton di Myanmar. Kebetulan saat itu stadion dalam keadaan kotor jadi kami bersihkan saja," kata Irlan.

Polisi Mulai Kumpulkan Bukti Kasus Jung Joon Young

Sementara, Ezza, yang juga turut membantu membersihkan sampah di stadion menganalogikan kegiatan itu seperti sebuah keharusan saat bertamu ke rumah orang.

"Saya hanya ingin ketika kami bertamu ke rumah orang dengan rapi dan bersih. Pun ketika kami pulang, harus dengan keadaan seperti semula," ujar Ezza.

"Spontan saja mengambil kemasan minuman plastik, lalu kami kumpulkan sampah. Selama 90 menit kami di stadion. Satu komando, kami bersihkan dan videonya ternyata tersebar sekaligus memberikan kesan positif agar kebiasaan menonton di stadion tetap terjaga," demikian Ezza menambahkan.

Kegiatan positif dari The Jakmania ini mendapat respons positif dari CEO sekaligus Komisaris Persija, Ferry Paulus. Ia berharap menjaga kebersihan bisa menjadi kebiasaan dan budaya baru.

"Aksi yang sangat positif dan membanggakan. Semoga bisa ditularkan ke Jakmania yang lainnya. Semoga terus bisa konsisten sehingga menjadi budaya dari Jakmania dimana saja mereka berada," papar Ferry kepada Harian Super Ball.

Respons positif juga disampaikan legenda hidup Persija Jakarta, Bambang Pamungkas. Pemain yang akrab disapa Bepe ini membuat komentar khas lewat akun Twitter pribadi, @bepe20.

"Tetap semangat dan sukses selalu," tulis Bepe, dengan emoji tangan mengepal.

Baca Selengkapnya Hanya di KORAN SUPER BALL, Kamis (14/3/2019)

Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved