Sidang Tuntutan Ditunda, Fariz RM Mendadak Irit Bicara

Sidang pembacaan tuntutan untuk musisi gaek Fariz RM ditunda. Penundaan dilakukan karena jaksa penuntut umum belum siap membacakan tuntutannya.

Sidang Tuntutan Ditunda, Fariz RM Mendadak Irit Bicara
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Fariz RM dihadirkan di halaman Mapolres Metro Jakarta Utara, Minggu (26/8/2018). 

Musisi gaek Fariz Rustam Munaf (60) harus bersabar ketika sidang pembacaan tuntutannya terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkotika harus ditunda, Kamis (14/3/2019).

Sidang yang mengagendakan pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Kamis sore, berlangsung cepat.

Hal tersebut dilakukan karena Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Jakarta Utara yang diagendakan membacakan tuntutannya terhadap Fariz Rustam Munaf alias Fariz RM belum siap.

Fariz RM dihadirkan di halaman Mapolres Metro Jakarta Utara, Minggu (26/8/2018).
Fariz RM dihadirkan di halaman Mapolres Metro Jakarta Utara, Minggu (26/8/2018). (WARTA KOTA/PANJI BASKHARA RAMADHAN)

Mengetahui JPU belum siap membacakan tuntutannya pada pelantun Sakura  itu, majelis hakim PN terpaksa menunda sidang.

Fariz RM yang ditemani keluarga dan beberapa sahabat itu membenarkan, sidangnya ditunda karena JPU belum siap membacakan tuntutan untuknya.

Namun Fariz RM irit bicara. Setiap ditanya wartawan, Fariz RM memilih tidak banyak menjelaskan, termasuk saat ditanya kegiatannya selama berada di tahanan.

Fariz RM duduk di kursi terdakwa PN Jakarta Utara setelah ditangkap polisi di rumahnya di kawasan Pondok Aren, Tangerang, Banten, pada 24 Agustus 2018.

Sidang Kasus Narkotika Fariz RM Gagal Digelar, Ini Penyebabnya

Saat penangkapan, polisi mendapati dua paket narkotika jenis sabu yang diduga milik musisi gaek Indonesia tersebut.

Sebelumnya, Fariz RM pernah berurusan dengan polisi setelah ditangkap pada 28 Oktober 2007. Kala itu Fariz RM diamankan polisi yang sedang menggelar razia di Jalan Radio Dalam Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Saat itu polisi menemukan 1,5 linting ganja seberat 5 gram yang disimpan dalam bungkus rokok milik Fariz RM.

Artis Fariz RM berbicara kepada wartawan saat rilis pengungkapan penyalahgunaan narkotika di Mapolres Jakarta Utara, Minggu (26/8/2018). Reserse Narkoba Polres Jakut  mengungkap penyalahgunaan narkotika yang menjerat artis dan mengamankan sejumlah barang bukti 1 gram sabu, 9 butir Alpazolam, dan 2 butir dumolid.
Artis Fariz RM berbicara kepada wartawan saat rilis pengungkapan penyalahgunaan narkotika di Mapolres Jakarta Utara, Minggu (26/8/2018). Reserse Narkoba Polres Jakut mengungkap penyalahgunaan narkotika yang menjerat artis dan mengamankan sejumlah barang bukti 1 gram sabu, 9 butir Alpazolam, dan 2 butir dumolid. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Setelah melalui tes urin, Fariz RM dinyatakan positif menggunakan narkoba jenis ganja.

Ketika persidangannya digelar di PN Jakarta Selatan, Fariz RM terbukti bersalah memakai narkotika dan divonis hukuman 8 bulan penjara potong masa hukuman.

Hukuman ini lebih ringan dari tuntutan JPU Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan yang menuntut hukuman selama 1 tahun penjara.

Selain itu, sisa hukuman Fariz juga bakal dihabiskan di Rumah Sakit Melia Cibubur untuk rehabilitasi.

Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved