Jokowi Minta Pedagang Ikan di Muara Baru Pakai Seragam Biar Kelihatan Bersih

Saya nanti minta kepada Bu Susi, semua pedagang pasar pakai seragam. Setiap hari pakai seragam. Biar kelihatan bersihnya,” katanya, Rabu (13/3) malam.

Jokowi Minta Pedagang Ikan di Muara Baru Pakai Seragam Biar Kelihatan Bersih
Setkab
Presiden Jokowi usai peresmian PIM Muara Baru, di Koja, Jakarta Utara, Rabu (13/3) malam. (Foto: Jay/Humas) 

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menginginkan para pedagang di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, menggunakan seragam agar nantinya terlebih lebih bersih dan rapi.

“Tapi yang paling penting memang mengubah budaya. Saya nanti minta kepada Bu Susi, semua pedagang pasar pakai seragam. Setiap hari pakai seragam. Biar kelihatan bersihnya,” katanya, Rabu (13/3) malam.

Jokowi menginginkan Pasar Ikan Modern Muara Baru menjadi contoh pembangunan pasar ikan serupa di daerah lain.

Nantinya pembangunan pasar ikan di daerah akan disesuaikan dengan kebudayaan setempat.

“Iya, ini dipakai untuk contoh dulu. Kita lihat nanti dalam hari-hari biasa seperti apa kan kelihatan. Disesuaikan lah dengan kebiasaan dan budaya kita,” ucap Jokowi.

Jokowi yang meresmikan langsung Pasar Ikan Modern Muara Baru memastikan hal semacam ini merupakan program jangka panjang untuk menyentuh seluruh lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.

VIDEO: Tiga Korban Tewas Kebakaran Kapal di Pulau Seribu Dibawa ke RS Polri untuk Otopsi

VIDEO: Lihat Geroginya Cinta Laura Saat Disuntik Vaksin Cegah Kanker Serviks

Pemkab Bekasi Akan Kerahkan Aparat Keamanan untuk Buka TPA Burangkeng yang Ditutup Warga

“Ini perencanaan panjang lah. Dan kita akan niru dari beberapa megara dan buat gambarnya, jadinya ini,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Pada kesempatan itu Jokowi mengaku sempat berbelanja ikan di Pasar Ikan Modern Muara Baru. “Belanja banyak, kerang, udang, ikan, semua kita beli. Mungkin sebulan ini saya nggak makan apa-apa kecuali ikan,” katanya.

Pasar Ikan Modern Muara Baru dibangun pada Februari 2018 dengan dana APBN 2018 sebesar Rp 150 miliar. Pasar Ikan Modern Muara Baru adalah proyek milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dikelola oleh Perum Perindo.

Pasar Ikan Modern Muara Baru beroperasi mulai pukul 16.00 WIB hingga 00.00 WIB. Total ada 894 lapak di kios basah (wet market) dan 155 lapak di kios kering (dry market) dengan berbagai fasilitas seperti cold storage, food court, dan lain-lain. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved