Pilpres 2019

KPU Kota Bekasi Kerahkan 300 Pekerja untuk Lipat Jutaan Surat Suara Pilpres 2019

KPU Kota Bekasi Kerahkan 300 Pekerja untuk Lipat Jutaan Surat Suara. Satu orang ditargetkan bisa melipat 1000 surat suara.

KPU Kota Bekasi Kerahkan 300 Pekerja untuk Lipat Jutaan Surat Suara Pilpres 2019
Warta Kota/Muhammad Azzam
Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi menyerahkan 300 orang pekerja untuk melakukan proses pelipatan surat suara, Rabu (13/3/2019). 

KPU Kota Bekasi Kerahkan 300 Pekerja untuk Lipat Jutaan Surat Suara. Satu orang ditargetkan bisa melipat 1000 surat suara.

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menyerahkan 300 orang pekerja untuk melakukan proses pelipatan surat suara.

Pelipatan dilakukan di gudang penyimpanan surat suara di GOR Voli, Jalan Jenderal Ahmad Yani , Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni, mengatakan, tibanya tiga jenis surat suara, yakni DPRD Kota Bekasi, DPRD Provinsi Jawa Barat dapil VIII dan DPR-RI dapil VI, beberapa hari lalu membuat pihaknya langsung segera melakukan proses pelipatan surat suara.

"Saat jenis surat suara datang, selang beberapa hari kita langsung lalukan pelipatan surat suara agar bisa cepat selesai, sehingga saat surat suara jenis lain datang kita bisa langsung lipat kembali. Waktunya kan mepet, jadi tidak perlu nunggu semua surat suara tiba," kata Nurul saat dikonfirmasi, Rabu (13/3/2019).

Terungkap, 959 Pendamping PKH Kemensos di 10 Provinsi Mengundurkan Diri, Ini Alasannya!

KPU Kota Bekasi Belum Terima Surat Suara Pilpres 2019 dan DPD RI

Dinas Kesehatan DKI Akan Memetakan Sekolah di Jakarta yang Rawan Kasus DBD

Nurul Sumarheni menjelaskan, proses pelipatan surat suara sudah berlangsung sejak Senin 11 Maret 2019.

Ada 300 pekerja yang melakukan sortir serta pelipatan surat suara.

Ke-300 pekerja itu dibagi 12 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 25 orang.

"Jadi nanti disortir surat suara yang robek, terkena tinta atau warnanya pudar. Nanti itu dipisahkan masuk kategori surat suara rusak," ucap Nurul Sumarheni.

Pertama, terlebih dahulu melakukan pelipatan jenis surat suara untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Kota Bekasi.

"Target kita paling lambat minggu ini selesai untuk DPRD Kota Bekasi. Soalnya satu orang ditargetkan bisa melipat 1000 surat suara," kata Nurul Sumarheni.

Untuk jam kerja, proses pelipatan KPU Kota Bekasi baru menerapkan satu shift, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17. 00 WIB.

"Nanti kita lihat kalau masih kurang kita tambah lagi pekerja dan buat shift baru malam hari. Kita lihat dulu kondisinya seperti apa," ujar Nurul Sumarheni.

Nurul Sumarheni mengatakan, total surat suara yang dilipat ada 5.147.289 surat suara dari tiga jenis surat suara, yakni DPRD Kota Bekasi, DPRD Provinsi Jawa Barat dapil VIII dan DPR-RI dapil VI.

"Jumlahnya masing-masing jenis 1.715.763 surat suara di kalikan saja tiga. Ditambah juga 2 persen surat suara tambahan tiap jenis surat suara. Kita targetkan pelipatan tiga jenis itu 30 Maret 2019," papar Nurul Sumarheni. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved