Jalan Jembatan Cipamingkis Bekasi Amblas Gara-gara Tidak Ada Turap Sungai

"Kalau tidak ada turap itu aliran air kan langsung menghantam ke jalan terus. Sehingga jalan cepat amblas, nah puncak kemarin jalan jembatan ikut ambl

Jalan Jembatan Cipamingkis Bekasi Amblas Gara-gara Tidak Ada Turap Sungai
warta Kota
lokasi Jalan Jembatan Cipamingkis, Desa Cibarusah Kota, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi yang amblas. 

Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha menyebut tidak adanya turap atau tanggul di aliran sungai Cipamingkis mengakibatkan Jalan Jembatan Cipamingkis, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi amblas.

Untuk itu ia meminta Pemerintah Pusat membangun tanggul disepanjang sungai Cipamingkis, agar jalan jembatan yang berada di Jalan Loji Cibarusah dekat tak jauh dari Polsek Cibarusah maupun Kantor Kecamatan Cibarusah tak kembali amblas.

"Kalau tidak ada turap itu aliran air kan langsung menghantam ke jalan terus. Sehingga jalan cepat amblas, nah puncak kemarin jalan jembatan ikut amblas," ujar Iman, kepada Wartakota, Selasa (12/3/2019).

Untuk itu, kata Iman, pihaknya meminta agar Pemerintah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memprioritaskan pembangunan turap di sepanjang Kali Cipamingkis.

"Kita dilema jadi, kalau kita biarkan kerusakan semakin parah merembet semakin luas ke jalan. Kita perbaiki juga engga maksimal tapi kalau kita engga perbaiki jalannya makin lama makin habis bahkan jembatan bisa ambruk," ungkapnya.

ABK Kapal yang Terbakar Ungkap Mesin KM Riki Baru Ternyata Bermasalah dan Hendak Diperbaiki

VIDEO: Enam Anggota Sindikat Narkoba Modus Kemasan Abon Lele Berisi Sabu Diciduk Polda Metro Jaya

VIDEO: Dua Wanita Selundupkan Sabu di Dalam Gorengan Pisang Molen Buat Pacarnya di Penjara

Namun, kewenangan pembangunan turap itu ada pada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum yang ada di bawah Direktoral Jendral PSDA Kementrian PUPR,

"Surat permintaan agar segera diperbaiki telah dilayangkan Pemerintah Kabupaten Bekasi pada tanggal 29 Maret 2018 lalu. Tapi belum direspon sampai saat ini. Kita akan buatkan surat lagi nanti. Kita memang mengharapkan adanya penanganan dengan dibuatkan turap di sepanjang bantaran kali,” ujarnya.

Iman menambahkan dari pantauan di lokasi, kedalaman longsoran mencapai 2 atau 3 meter, sehingga ia memprediksi biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan jalan jembatan tersebut mencapai 1,5 sampai 2 Miliar.

"Saya sudah cek lokasi, kita akan segera usulkan melalui cash program APBD. Tapi tetap kita harapkan pemerintah pusat segera meninjau dan menangani kali Cipamingkis itu," tuturnya.

Jembatan Cipamingkis itu menghubungkan Kecamatan Cibarusah, Bojongmangu Kabupaten Bekasi menuju Cariu Kabupaten Bogor maupun ke Karawang.

"Kendaraan masih bisa lewat, tapi untuk kendaraan kecil. Itu bergantian lewatnya, kan yang rusaknya jalannya jembatannya mah engga roboh," tutupnya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved