Wilayahnya Disebut Kawasan Industri Terbesar di Asia Tenggara Penganggurannya Ratusan Ribu Orang

Persentase pengangguran itu makin meningkat. Padahal sejumlah langkah telah dilakukan untuk mengurangi angka pengangguran

Wilayahnya Disebut Kawasan Industri Terbesar di Asia Tenggara Penganggurannya Ratusan Ribu Orang
Muhammad Azzam
PERESMIAN Gisma Training Center, SMK Industri Indonesia, sebagai pusat vokasi atau pendidikan keahlian dalam industri mesin di Jababeka Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis (6/12/2018). 

Meski wilayah Kabupaten Bekasi merupakan kawasan industri yang diklaim terbesar di Asia Tenggara dengan memiliki tujuh kawasan, namun bukan berarti warganya sejahtera.

Buktinya, sebanyak 172.412 warga di Kabupaten Bekasi tercatat belum memiliki pekerjaan alias masih menganggur.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi Edi Rochyadi mengatakan, angka itu berdasarkan pendataan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) 2019.

Angka itu, kata dia, terdata petugas dari tahun 2017 hingga Maret 2019 ini.

"Angkanya memang cukup tinggi dan paling banyak berusia produktif dari 20 sampai 45 tahunan," kata Edi pada Senin (11/3), kepada Wartakotalive.com.

"Mereka yang dihitung sebagai pengangguran merupakan warga dalam kategori angkatan kerja. Beberapa indikatornya umur berada 16 tahun ke atas, bukan pelajar dan bukan pengurus rumah tangga," ujarnya.

Meski demikian, Edi mengklaim bila dibandingkan dengan angkatan kerja secara keseluruhan, sebetulnya tingkat pengangguran ini terbilang kecil.

Persentase pengangguran yakni 10,97 persen dari total angkatan kerja sebanyak 1.572.155 orang.

Persentase pengangguran itu makin meningkat. "Padahal sejumlah langkah telah dilakukan untuk mengurangi angka pengangguran," ujarnya.

Wajib rekrut

Halaman
123
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Dedy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved