Berita Video

VIDEO: Lautan Sampah Plastik di Marunda Kepu Akhirnya Dibersihkan Petugas

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan kegiatan yang dilakukan pada hari ini adalah kegiatan rutin seminggu sekali.

Tumpukan sampah di pesisir Marunda Kepu, Cilincing diangkut ratusan yang tergabung unsur kecamatan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA),UPK Badan Air, dan PJLP.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan kegiatan yang dilakukan pada hari ini adalah kegiatan rutin seminggu sekali.

Namun, kali ini ratusan petugas diterjunkan untuk grebek sampah di kawasan tersebut.

"Hari ini kita ada kegiatan kerja bakti rutin setiap (hari) minggu, hari ini kegiatannnya adalah grebek sampah," kata Ali saat ditemui di Marunda Kepu, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (10/3/2019)

Disebutkan Ali, kegaiatan grebek sampah merupakan kegiatan membersihkan sampah dengan volume yang cukup berat tetapi tidak berada di pemukiman warga.

"Grebek sampah ini adalah lokasi yang tidak di pemukiman warga sedangkan volume sampahnya cukup berat dikerjakan oleh warga," kata Ali.

  Viral Penjelasan Vlogger Nas Daily Soal Jebakan Utang China, Kemenkeu Jawab Begini

VIDEO: Penjelasan Lengkap Rumah Sakit Ketergantungan Obat Kenapa Urin Andi Arief Negatif Narkoba

VIDEO: Alasan Sebenarnya Reino Barack Mau Memperistri Syahrini Ternyata Bukan Sekadar Cinta

Dalam kegiatan ini, diterangkan Ali, sekira 300 petugas bersama warga sekitar bersama menangani sampah yang berada di pesisir dan pantai Marunda Kepu.

"Kita sekarang bersama warga, petugas kita hampir 300 orang tadi yang menangani pembersihan di pantai Marunda Kepu, Kecamatan Cilincing," ucap Ali.

Tumpukan sampah yang ditemui di kawasan tersebut diterangkan Ali memang rutin ditemui selepas angin muson barat pada Desember dan Januari.

Sehingga pada bulan Februari dan Maret ketika air tenang pembersihan mulai dilakukan.

"Sampah di pinggir laut ini memang rutin setelah bulan Desember, Januari angin barat biasanya Februari, Maret itu kita harus pembersihan, Kalau Desember, Januari ombak masih tinggi, sekarang ombak mulai tenang kita bersihkan," papar dia.

Pantauan wartawan TribunJakarta.com di lokasi, petugas secara serentak terjun membersihkan sampah secara bergotong royong.

"Sampahnya padat dan plastik semua ini," ucap seorang petugas.

Sementara plastik yang menumpuk diangkut, sejumlah petugas lainnya pun mengangkut eceng gondik, kayu, ranting dan bambu yang mengapung di air. (*)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved