SEA Games 2019

Polo Air Putri Digelar di SEA Games 2019, PRSI Langsung Siapkan Atlet

Awalnya, tuan rumah Filipina hanya akan mempertandingkan polo air putra pada SEA Games 2019 yang akan digelar akhir November tersebut.

Polo Air Putri Digelar di SEA Games 2019, PRSI Langsung Siapkan Atlet
Kompas.com
Atlet Polo Air. 

PENGURUS Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) segera menyiapkan atlet polo air putri setelah Komite Olahraga Filipina minggu lalu memberitahukan bahwa cabang olahraga tersebut akan  dipertandingkan pada SEA Games 2019.

"Informasinya baru kami terima minggu lalu, saat ini kita sedang menyiapkan berbagai aspek yang meliputi pelatih, jadwal serta tempat latihannya," kata Komisi Teknik polo air PB PRSI Dean Baldwin di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno.

Awalnya, tuan rumah Filipina hanya akan mempertandingkan polo air putra pada SEA Games 2019 yang akan digelar akhir November tersebut. 

Namun, beberapa negara Asia Tenggara meminta Komite Olahraga Filipina agar juga mempertandingkan polo air putri.

Ia menjelaskan pemberitahuan dari pihak Filipina telah diteruskan kepada PB PRSI maupun Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

"Memang baru sebatas pemberitahuan terkait keikutsertaan polo air putri, namun surat resmi segera menyusul dari Filipina," katanya.

Persija Jakarta Targetkan Kemenangan di Myanmar

Ia menambahkan pemberitahuan tersebut nantinya dikoordinasikan bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora) serta KOI untuk ditindaklanjuti.

Langkah selanjutnya, ujar pelatih polo putra Indonesia itu, adalah mengajukan besaran anggaran yang bisa dikucurkan oleh pemerintah dalam menyiapkan atlet terbaik di pesta olahraga dua tahunan tersebut.

Terkait rencana atau agenda Pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas), PB PRSI belum menemukan jadwal pasti karena masih menunggu kepastian besaran anggaran dari pemerintah.

"Secepatnya akan diadakan pelatnas, karena seharusnya sudah mulai," katanya.

Untuk jadwal pelatnas, ia mengaku secara resmi memang belum mengirimkan surat kepada para atlet di daerah. Namun diperkirakan 18 hingga 20 atlet terbaik akan dipanggil.

"Kita pinginnya sebanyak-banyaknya, cuma kembali lagi itu semua tergantung anggaran," katanya dikutip dari Antaranews.

Rencananya, lanjut dia, para atlet yang dipanggil pada pelatnas tersebut 80 hingga 90 persennya merupakan wajah lama yang ikut bertanding pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Sedangkan sisanya direncanakan para atlet atau pendatang baru yang telah berhasil juara di berbagai level nasional.

Prestasi Timnas polo air putri Indonesia di pesta olahraga SEA Games 2017 adalah menyumbangkan medali perunggu.

Namun, di tingkat Asian Games 2018 polo putri Indonesia harus puas berada di urutan kelima setelah China, Kazakhstan, Jepang dan Thailand.

Editor: Dewi Pratiwi
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved