Angkasa Pura II Sebut Percepat Pembayaran Ganti Rugi Lahan Runaway Bandara Soetta

Per 25 Januari 2019 telah dibebaskan 3.021 bidang tanah seluas 167,52 Hektare, atau sesuai dengan kebutuhan proyek ruwnay ketiga.

Angkasa Pura II Sebut Percepat Pembayaran Ganti Rugi Lahan Runaway Bandara Soetta
Warta Kota/Andika Panduwinata
Ilustrasi. Lahan seluas 6.910 meter persegi milik PT Angkasa Pura II telah diserobot oleh pihak tergugat. 

PT Angkasa Pura II percepat proses penuntasan pembayaran ganti rugi lahan runway ketiga Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Di mana saat ini dalam proses konsinyasi di Pengadilan Negeri Tangerang.

Proyek pembangunan runway ketiga ini ditargetkan selesai pada bulan Juni 2019 di mana kelancaran proyek tersebut didukung proses pembebasan tanah yang optimal.

Per 25 Januari 2019 telah dibebaskan 3.021 bidang tanah seluas 167,52 Hektare, atau sesuai dengan kebutuhan proyek ruwnay ketiga.

Total nilai ganti kerugian untuk pembebasan tanah itu sebesar Rp3,35 triliun.

Adapun dari tanah sudah dibebaskan itu, terdapat 209 bidang tanah seluas 309.542 meter persegi ditempati sekitar 200 kepala keluarga, yang uang ganti rugi masih belum bisa dicairkan. Namun AP II telah melakukan konsinyasi (menitipkan uang ganti rugi) di PN Tangerang.

Uang ganti rugi yang dititipkan di Pengadilan Negeri Tangerang senilai Rp 430,35 miliar. VP of Corcomm AP II Yado Yarismano mengatakan proses konsinyasi (penitipan uang ganti rugi) sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2012.

"Undang-undang nomor 2 Tahun 2012 itu mengatur untuk bidang-bidang tanah yang dilakukan konsinyasi adalah antara lain bidang yang pemiliknya menolak terhadap nilai ganti kerugian, pemiliknya tidak diketahui dengan jelas atau noname dan pihak yang bersengketa kepemilikan lahannya," ujar Yado, Senin (12/3/2019).

Belum bisa cairnya uang ganti rugi karena status tanah masih dalam sengketa.

Karena ada beberapa pihak yang mengklaim tanah tersebut.

Halaman
123
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved