VIDEO: Ratusan Pendekar dari Perguruan Silat Betawi Latihan Bareng di Jagakarsa

Kini, kata dia, masyarakat khususnya remaja bahkan anak-anak banyak yang bergabung ke perguruan silat.

Ratusan pesilat, anak-anak hingga dewasa dari puluhan perguruan silat se Jabodetabek bergantian menampilkan aksi pukul terbaik di Taman Buni Ciganjur, Jalan M Kahfi 1, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (10/3/2019) siang.

Ragam gerak pukul dan jurus silat khas Betawi yang diperagakan itu menimbulkan decak kagum, membuktikan betapa kayanya seni pukul Betawi.

Kegiatan tersebut digagas oleh Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia (Astrabi), sekaligus mengukuhkan pengurus Koordinator Wilayah Astrabi Jakarta Selatan. Pengukuhan juga dihadiri para guru besar silat Betawi dari berbagai perguruan.

Anwar Al Batawie selaku Ketua Umum Astrabi mengungkapkan, perkembangan silat Betawi saat ini semakin menggembirakan.

VIDEO: KRL Anjlok di Bogor, Begini Penuturan Pak Ogah Penjaga Perlintasan Kebon Pedes

Kereta Anjlok di Bogor, Menteri Perhubungan Bilang Evakuasi Tunggu Pengiriman Crane dari Bandung

Kereta Anjlok di Bogor, Penumpang Luka Dilarikan ke RS Salak

Kini, kata dia, masyarakat khususnya remaja bahkan anak-anak banyak yang bergabung ke perguruan silat.

"Sejak beberapa tahun lalu orang semakin sadar akan sasana kebudayaan Betawi. Maka, silat Betawi dengan cepat bertumbuh kembang. Dan ini tentunya membanggakan demi menjaga keberlanjutan tradisi lokal kita," ujarnya kepada Warta Kota di sela kegiatan.

Saat ini, sebanyak 120 perguruan dan sanggar silat di Jabodetabek telah bernaung di bawah Astrabi.

Anwar menyebut, pihaknya kini selain menghimpun perguruan-perguruan yang belum bergabung, juga melakukan pembinaan kepada pesilat dalam rangka persiapan event-event prestasi.

"Silat Betawi ini kan basicnya dari tradisi. Masih sedikit guru-guru yang membawa pendekarnya ke jenjang prestasi dalam hal ini kejuaraan yang digelar oleh IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia)," ujar Anwar.

"Maka, kami akan lakukan pembinaan pendekar-pendekar terbaik dari masing-masing perguruan untuk masuk Astrabi Silat Akademi. Target kami dua tahun ke depan bisa mencetak juara di kompetisi nasional dan internasional," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved