Perumahan Vida Bekasi Mulai Lakukan Pengolahan Sampah Ramah Lingkungan

Metode yang digunakan memakai open windrow composting atau pembuatan kompos di tempat terbuka dengan sistem aerasi alamiah.

Perumahan Vida Bekasi Mulai Lakukan Pengolahan Sampah Ramah Lingkungan
Warta Kota
Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono, Direktur Vida Bekasi Edward Kusma dan Pendiri Waste4Change Mohammad Bijaksana Junerosano saat menujukkan maggot atau belatung yang digunakan untuk mengolah sampah organik. 

Beragam cara dapat dilakukan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup. Salah satunya menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, sehingga terbebas dari ancaman penyakit.

Upaya ini yang sudah dilakukan oleh Perumahan Vida Bekasi di Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi.

Perumahan yang terletak di Jalan Raya Narogong ini telah mengajak para penghuninya untuk turut mengengelola sampah sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang.

"Pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi sudah sering mengingatkan dan bahkan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk turut menjaga lingkungan. Salah satunya kegiatan pengelolaan sampah," kata Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono pada Minggu (10/3/2019).

Tri mengapresiasi, upaya pengembang perumahan ini dalam menjaga lingkungan.

Menurut dia, pengelolaan sampah yang dilakukan perumahan setempat patut dicontoh oleh perumahan lain di Kota Bekasi, sehingga stigma tentang penampung sampah bisa memudar.

"Pengelolaan sampah ini bisa mendorong perubahan sikap dan kebiasaan warga terhadap sampah. Mereka dididik dan dilatih memilah sampah untuk kemudian dikelola secara bersama-sama sehingga lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan," ungkapnya.

Menurut dia, masyarakat harus mengubah paradigma tentang sampah.

Sebab selama ini masyarakat beranggapan sampah tidak bernilai, padahal bila dikelola dengan baik justru bisa menghasilkan produk yang ekonomis.

"Seperti sampah plastik dari bungkus kopi, kalau dikumpulkan dan dirajut bisa menghasilkan sebuah kerajinan tangan berbentuk tas, tikar dan sebagainya," ungkapnya.

VIDEO: Penjelasan Lengkap Syahrini Mau Nikahi Reino Barack karena Anak Yatim

VIDEO: Kota Bekasi Ulang Tahun ke-22, Warga Antusias Saksikan Parade PNS

VIDEO: Begini Suasana Hari Terakhir di Indofest Pameran Outdoor Terlengkap di JCC Senayan

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved