Ribuan Ton Sampah Kabupaten Bekasi Menumpuk di Sejumlah Titik Dampak TPA Burangkeng Ditutup Warga

Ya dikalikan saja, tiap hari, bisa 800 ton sampah dikirim ke TPA Burangkeng, jadi sekitar 4.000 ton

Ribuan Ton Sampah Kabupaten Bekasi Menumpuk di Sejumlah Titik Dampak TPA Burangkeng Ditutup Warga
Warta Kota/Muhammad Azzam
Penumpukan sampah di Pasar Cikarang dan Pasar Setu Kabupaten Bekasi, imbas penutupan TPA Burangkeng. 

Sebanyak 4.000 ton sampah Kabupaten Bekasi menumpuk disejumlah titik, sejak lima hari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng ditutup warga.

"Ya kali saja lima, tiap hari bisa 800 ton sampah dikirim ke TPA Burangkeng, jadi sekitar 4.000 ton, sekitar segitu," kata Kepala Bidang Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Dodi Agus Suprianto saat dikonfirmasi Wartakota, Jumat (8/3/2019).

Untuk itu, kata Dodi, dirinya tidak bertanggungjawab jika ada gejolak di masyarakat dikarenakan imbas penutupan TPA Burngkeng ini sudah sangat dikeluhkan masyarakat luas di Kabupaten Bekasi.

"Kita minta kearifan kepala desa. Aparat desa yang menjadi tim 17 untuk kembali membuka. Ini berdampak ke masyarakat luas. Kalau ditentang konsekuensinya ada di aparat,” kata Dodi.

Penumpukan sampah di Pasar Cikarang dan Pasar Setu Kabupaten Bekasi, imbas penutupan TPA Burangkeng.
Penumpukan sampah di Pasar Cikarang dan Pasar Setu Kabupaten Bekasi, imbas penutupan TPA Burangkeng. (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Dodi menegaskan keinginan warga soal pemberian kompensasi harus menumpuh prosedur, dan itu harus ditempuh oleh warga Desa Burangkeng.

"Kita mengakomodir keinginan mereka untuk kompensasi tapi prosedurnya ditempuh. Harapan kita dibuka dahulu sambil masalah ini dibahas," katanya Dodi.

Untuk itu, agar mempercepat penyelesaian permasalahan ini, lanjut Dodi, Pemkab akan kembali mengundang tim 17 atau Tim Penerima dan Penyampaian Aspirasi Warga Desa Burangkeng untuk rapat bersama pada Selasa (12/3/2019) di ruang Bupati.

"Insya Allah nanti dihadiri Plt Bupati, kita harap agar masalah ini tidak berlarut-larut," ucapnya.

Pengamatan Warta Kota, imbas penutupan TPA Burangkeng, terjadi penumpukan sampah itu terjadi di Jalab Raya CBL, sejumlah pasar di Kabupaten Bekasi seperti Pasar Cikarang, Pasar Setu, Pasar Induk Cibitung, maupun Pasar Lemah Abang. Bahkan Jalan MT Haryono, Kecamatan Setu tak jauh dari lokasi TPA Burangkeng juga mengalami penumpukan.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved