Penjelasan Soal WNA Terdaftar Jadi Pemilih di Tangsel

Masuknya WNA ke DPT karena kawan-kawan di bawah tidak bisa membedakan KTP WNA dan KTP WNI, jadi ada kekeliruan dalam membedakan KTP.

Penjelasan Soal WNA Terdaftar Jadi Pemilih di Tangsel
www.lindungihakpilihmu.kpu.id
Sebanyak 5 warga negara asing (WNA) di Kota Tangerang Selatan ternyata sempat masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. 
Sebanyak 5 warga negara asing (WNA) di Kota Tangerang Selatan ternyata sempat masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangerang Selatan menjelaskan, alasan WNA yang tidak memenuhi syarat pemilih dalam Pemilu dapat masuk di DPT. 
"Masuknya WNA ke DPT karena kawan-kawan di bawah tidak bisa membedakan KTP WNA dan KTP WNI, jadi ada kekeliruan dalam membedakan KTP," Anggota Divisi Data KPU Tangerang Selatan, Ajat Sudrajat, Jumat (8/3/2019). 
Selain itu, terdapat kekeliruan juga akibat status WNA yang sebenarnya belum berubah meskipun sudah menikahi WNI. 
"Terus, ada juga WNA yang sudah menikah dengan WNI, tapi status WNA-nya tidak berubah, sehingga itu juga yang menjadi kekeliruan teman di bawah dalam membedakan KTP WNA dan KTP WNI," jelas Ajat. 
Setelah berita WNA terdaftar di DPT di Cianjur, beberapa waktu lalu, pihak KPU Kota Tangerang Selatan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan segera berkoordinasi untuk mencari info terkaitterk. 
Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Selatan, Dedi Budiawan menerangkan terdapat 48 WNA memiliki e-KTP dan 220 WNA memiliki surat keterangan (Suket). 
“Meski WNA terdata memiliki KTP elektronik, Dinas Dukcapil telah mengirimkan data kependudukan WNA ke KPU Tangsel, dengan tujuan mengantisipasi tidak masuk  dalam DPT di Tangsel,” ucap dia.
Kepala KPU Kota Tangerang Selatan, Bambang Dwitoro juga menjelaskan, ketika mendapat data dari Disdukcapil segera memeriksa satu persatu data WNA pemilik KTP elektronik. 
"Itu dicek satu-satu, di Lindungi Hak Pilihmu, apakah sudah terdaftar di DPT. Setelah dicek itu ternyata benar ada yang sudah masuk lima orang," ujar Bambang. 
Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved