Hari Raya Nyepi

Ketua PHDI Banten: Tingkatkan Toleransi Antarumat Beragama untuk Pemilu yang Damai

KETUA PHDI Banten Ida Bagus Alit Wiratmadja berharap Hari Raya Nyepi digunakan untuk meningkatkan tolerasi antarumat beragama dan Pemilu yang damai.

Ketua PHDI Banten: Tingkatkan Toleransi Antarumat Beragama untuk Pemilu yang Damai
Istimewa
Ketua PHDI Provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmadja di Pura Merta Sari Rempoa, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, Rabu (6/3/2019). 

"Konsep hindu yang santi santi santi, damai damai damai, dengan damai kita bisa hidup tenang, bisa bekerja dengan baik untuk menghadapi tantangn kehidupan menuju kemakmuran bersama."

KETUA Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmadja berharap agar momen Hari Raya Nyepi kali ini digunakan untuk mengendalikan diri dan meningkatkan toleransi antarumat beragama.

"Harapan kami sebagai umat Hindu khususnya di Banten, tema yang kita pakai melalui catur brata penyepian, kita melakukan pengendalian diri dan meningkatkan toleransi antarumat beragama di Banten," ujarnya selepas upacara Tawur Kesanga di Pura Merta Sari Rempoa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Rabu (6/3/2019).

Lebih lanjut, Ida Bagus Alit Wiratmadja Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Banten juga menyinggung pemilihan umum (Pemilu) yang akan digelar pada 17 April 2019. Ia berharap momen politik tahun ini dapat berjalan damai.

"Apalagi dalam Pemilu Pilpres (Pemilihan Presiden-red), kita ingin pemilu yang damai, pemilu yang aman, yang menuju kepada kemenangan kita bersama," ucap Alit.

"Konsep hindu yang santi santi santi, damai damai damai, dengan damai kita bisa hidup tenang, bisa bekerja dengan baik untuk menghadapi tantangn kehidupan menuju kemakmuran bersama," imbuhnya.

Perangi hoaks

Maraknya hoaks juga menjadi hal yang disoroti Alit. Oleh karena itu ia mengajak seluruh umat hindu untuk terus memerangi hoaks.

"Satu lagi, hindu berperang melawan hoax, dengan kesadaran diri mana yang baik dengn nilai kebenaran kesucian dan keharmonisan, kebenaran yang ditonjolkan," ujarnya.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved