Tim 17 Warga Burangkeng Tolak Hadiri Rapat Bahas Kompensasi dan Penutupan TPA dengan Pemkab

Alasan pihaknya tidak akan menghadiri undangan rapat bersama dikarenakan ada pihak yang seharusnya tidak diundang dalam rapat itu justru diundang

Tim 17 Warga Burangkeng Tolak Hadiri Rapat Bahas Kompensasi dan Penutupan TPA dengan Pemkab
Warta Kota/Muhammad Azzam
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, Kabupaten Bekasi masih tidak ada aktivitas pembuangan sampah, pada Selasa (5/3/2019). 

Laporan Wartawan Warta Kota, Muhammad Azzam

BEKASI, WARTA KOTA -- Tim 17 atau Tim Penerima dan Penyampaian Aspirasi Warga Desa Burangkeng menolak menghadiri rapat bersama yang bakal dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Rapat itu digelar untuk membahas soal tuntutan warga dan penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng.

Ali Gunawan, Ketua Tim Penerima dan Penyampaian Aspirasi Warga Desa Burangkekng atau biasa disebut dengan Tim 17 mengatakan alasan pihaknya tidak akan menghadiri undangan rapat bersama dikarenakan ada pihak yang seharusnya tidak diundang dalam rapat itu justru diundang oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam rapat tersebut.

Kabupaten Bekasi Darurat Sampah Usai TPA Burangkeng Ditutup Warga

TPA Burangkeng Masih Ditutup, Pemkab Bekasi Minta Kebaikan Warga

Sampah di Pasar Setu Menumpuk Gara-gara TPA Burangkeng Ditutup, Pedagang Ngeluh Bau Menyengat

"Kami menolak hadir karena ada pihak yang semestinya tidak perlu diundang, malah diundang. Pemulung sama pengepul sampah itu lokasi itu, kita engga mau. Kita merasa diadu domba. Itu kan sama aja kita diadu seperti jaman Belanda," ujarnya saat dihubungi Wartakota, Selasa (5/3/2019).

Ia mengungkapkan surat penolakan hadir dalam rapat tersebut juga sudah dikirimkan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi.

TPA Burangkeng Kabupaten Bekasi Ditutup, Sopir dan Kernet Truk Sampah Pilih Mancing dan Jadi Kuli

"Surat penolakan hadir sudah kita kirim hari ini, dan sudah diterima Dinas," jelasnya.

Selain itu, kata Ali, alasan lain tidak akan hadir dalam rapat besok dikarenakan dalam rapat itu tidak dihadiri pejabat tinggi seperti Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sekretaris Daerah maupun Plt Bupati.

Ditutup Warga, TPA Burangkeng Kabupaten Bekasi Masih Belum Ada Aktivitas Pembuangan Sampah

"Kalau rapatnya hanya dihadiri oleh pejabat tingkat Kecamatan, kita engga mau hadir. Kita mau hadir kalau dalam rapat itu ada Kepala Dinasnya, Sekda atau bahkan Plt Bupati juga hadir, karena aspirasi kita bisa lebih tersampaikan," paparnya.

Sementara Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Dodi Agus Suprianto meminta warga Desa Burangkeng berbaik hati untuk bisa membuka kembali Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Burangkeng.

Ini Dia Ramalan Zodiak Rabu (6/3): Libra Super Beruntung, Virgo Lagi Baperan, Taurus Hilang Kontrol!

Pasalnya, jika penutupan TPA itu berlangsung lama membuat banyaknya tumpukan sampah diberbagai pemukiman yang terabaikan.

"Kita minta kearifan dari warganya. Sampah bakal numpuk dan terbengkalai jika TPA tidak dibuka-buka. Kita enggak ada pengalihan, kita enggak ada solusi mau dikemanakan sampah-sampah yang ada. TPA-nya hanya satu-satunya di Burangkeng," ujar Dodi, saat dikonfirmasi, Selasa (5/3/2019).

Inilah Ramalan Cinta Zodiak Rabu (6/3): Gemini Ketemu Seseorang, Capricorn Prioritaskan Cinta

Dodi menjelaskan mendukung usulan dan aspiras warga Desa Burangkeng tersebut. Namun, ada proses dan aturan yang harus dijalankan.

"Usulan dan permintaan mereka kan sudah diterima dan bakal dilakukan rapat bersama. Ini juga mereka baru kali ini kirim surat resmi soal kompensasi itu sebelumnya hanya teriak-teriak saja," kata Dodi.

Hasil Akhir Real Madrid Kalah Telak 1-4 Oleh Ajax Amsterdam dan Tersingkir dari Liga Champions

Atas penutupan TPA Burangkeng yang dilakukan warga membuat sejumlah sampah di pemukiman warga mulai menumpuk. Bahkan sampah di Pasar Setu yang didominasi sampah sayuran menumpuk hingga mengularkan aroma bau busuk. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved