Dinas PUPR Ungkap Turap Kali Cijantung Ambrol karena Kesalahan Membangun

Turap Kali Cijantung yang ambrol di Pondok Tirta Mandala, Sukamaju, Cilodong, beberapa waktu lalu terjadi karena kesalahan membangun.

Dinas PUPR Ungkap Turap Kali Cijantung Ambrol karena Kesalahan Membangun
Warya Kota/Gopis Simatupang
Hujan deras yang mengguyur sejak siang hingga sore hari menyebabkan ambrolnya turap Kali Cijantung yang memisahkan perumahan Pondok Tirta Mandala dan Azzura Park di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Rabu (20/2/2019). 

Citra Indah Yulianti, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, mengungkapkan, turap Kali Cijantung yang ambrol di Pondok Tirta Mandala, Sukamaju, Cilodong, beberapa waktu lalu, terjadi karena kesalahan membangun.

Citra mengatakan, semestinya turap Kali Cijantung tersebut dibangun dengan kemiringan tertentu.

Kenyataannya, turap Kali Cijantung malah berdiri tegak lurus sehingga rawan ambrol.

Apalagi, dinding penahan kali tersebut juga berdiri amat tinggi, kira-kira 10 meter.

"Iya, kemiringannya salah. (Konstruksi turap) terlalu lurus," ujar Citra kepada Warta Kota, Selasa (5/3/2019).

Dikatakannya, pengembang kompleks Azzura Park adalah pihak yang bertanggungjawab memperbaiki turap yang jebol itu.

Karena, merekalah yang membangun turap Kali Cijantung tersebut sebelum longsor hingga membuat warga perumahan Pondok Tirta Mandala dilanda kebanjiran.

"(Renovasi turap) itu sama pengembang, tanggungjawab pengembang. Katanya mau segera diperbaiki. Yang longsor parah punya pengembang," bilang Citra.

Pengembang Azzura Park, lanjutnya, telah berjanji untuk membangun konstruksi turap yang lebih kokoh dibandingkan sebelumnya agar tidak ambrol lagi. Terkait puluhan bambu yang ditancapkan pengembang untuk menahan beban lahan perumahan, katanya, hanya bersifat sementara.

"Iya, (pemasangan bambu untuk menahan turap) itu darurat dulu. Mungkin mereka lagi proses perencanaan. Sabar aja," jelas Citra.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved