KPU Kabupaten Bekasi Himbau Keaktifan Pekerja di Kawasan Industri Jika Ingin Pindah Memilih

KPU Kabupaten Bekasi Himbau Keaktifan Pekerja di Kawasan Industri Jika Ingin Pindah Memilih

KPU Kabupaten Bekasi Himbau Keaktifan Pekerja di Kawasan Industri Jika Ingin Pindah Memilih
Istimewa
KPU Kabupaten Bekasi

Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin menghimbau para pekerja di kawasan industri aktif mengurus formulir A5 atau surat pindah memilih dalam Pemilu 2019.

Para pekerja yang memilik e-KTP beralamat di luar daerah atau luar Kabupaten Bekasi diharuskan aktif jika ingin menggunakan hak suaranya.

"Mereka yang harus aktif jika tidak ingin kehilangan hak suaranya karena jauh tidak bisa mencoblos di kampung halamannya. Segera buat A5 ke petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Desa atau kelurahan tempat mereka ngontrak," kata Jajang kepada Warta Kota, Minggu (3/3/2019).

Jajang mengungkapkan persyaratan untuk mendapatkan A5, mereka datang ke PPS Desa atau Kelurahan membawa e-KTP, kartu keluarga, dan bukti mereka sudah terdaftar TPS alamat tinggalnya.

"Kalau bukti sudah terdaftar TPS alamat tinggalnya bisa kami bantu cek. Intinya kan keinginan dan keaktifan mereka. Bukan kita yang aktif, kalau kita yang aktif dicurigai mobilisasi suara," ucapnya.

Jajang mengatakan alasan itu juga menjawab atas permintaan Kementerian Perindustrian agar membuka counter atau melakukan jemput bola ke para pekerja itu atau bahkan dibuatkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lokasi pabrik.

"Jadi saya rasa sulit kalau untuk melakukan itu. Apalagi kita juga kekurangan petugas. Jelas aturan pindah memilih kan itu atas keinginan mereka, para pekerja itu yang aktif. Kita juga telah lakukan upaya sosialisasi ke sejumlah kawasan industri agar bisa menyalurkan hak suara termasuk soal A5 surat pindah memilih ini," ujarnya.

Ia akan terus mendorong para pekerja yang tidak bisa memilih di daerah asal e-KTP nya aktif dan segera mengurus A5. Pasalnya, batas mengurus A5 hingga 17 Maret 2019.

"Segera datangi PPS di Desa, harus aktif. Nanti mereka yang menggunakan A5 hanya bisa mencoblos mulai pukul 12.00 hingga 13.00 WIB," paparnya.

ILUSTRASI Pemilihan Umum 2019
ILUSTRASI Pemilihan Umum 2019 (Istimewa)

Sebelumnya diberitakan, kawasan Industri Cikarang yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi menjadi kawasan pusat industri terbesar di Asia Tenggara.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: mirmo saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved