Jambore Kebangsaan Memotivasi Pemilih Pemula Gunakan Hak Pilih

Jambore Kebangsaan ini digelar untuk memotivasi para pelajar SMA usia 17 tahun ke atas untuk menggunakan hak pilihnya sebagai warga Negara Indonesia

Jambore Kebangsaan Memotivasi Pemilih Pemula Gunakan Hak Pilih
warta kota/nur ichsan
Komunitas Kawal Nusantara (KAWAN) bekerjasama dengan Gerakan Pemuda Anshor Banten dan Bosscha Training Partner, menggelar acara Jambore Kebangsaan di kawasan Desa Kramat, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Sabtu (2/3/2019). 

WARTA KOTA, PAKUHAJI  -------  Komunitas Kawal Nusantara (KAWAN) bekerjasama dengan Gerakan Pemuda Anshor Banten dan Bosscha Training Partner, menggelar acara Jambore Kebangsaan di kawasan Desa Kramat, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Sabtu (2/3/2019).

Jambore Kebangsaan
Jambore Kebangsaan (warta kota/nur ichsan)

Acara yang digelar dalam rangka menyambut pelaksanaan pemilu yang akan dilakukan serentak pada 17 April 2019 ini diikuti 200 peserta yang merupakan pemilih pemula yang berasal dari sejumlah sekolah dengan beragam latar belakang suku, agama dan karakter.

Jambore Kebangsaan ini digelar bertujuan untuk memotivasi para pelajar SMA usia 17 tahun ke atas untuk menggunakan hak pilihnya sebagai warga Negara Indonesia dalam pemilu.

Jambore Kebangsaan
Jambore Kebangsaan (warta kota/nur ichsan)

“Lewat kegiatan ini kita ingin mengajak para pelajar untuk bersatu, mendukung kebhinnekaan dengan menjunjung tinggi rasa toleransi terhadap sesama yang berbeda, karena kalau kita bersatu maka Indonesia akan berjaya”, kata Ketua Penyelenggara Jambore Kebangsaan Eli Slamet dalam kata sambutannya yang disampaikan di hadapan ratusan peserta acara,   `

Selain itu kegiatan ini untuk menyadarkan peserta sebagai pemilih pemula bahwa pilihannya dalam pemilu 2019 sangat penting dan berarti, bahkan menentukan masa depan bangsa di kemudian hari

Jambore Kebangsaan
Jambore Kebangsaan (warta kota/nur ichsan)

“Saya senang sekali bisa mengikuti kegiatan ini, dan kebetulan saya adalah seorang pemilih pemula, melalui kegiatan ini saya berharap bisa mengerti dan memahani proses pemilu secara gambling sehingga saya bisa menentukan pilihan dengan tepat”, ucap Maria Melani peserta GBI Rising Stars, Gading Serpong.

Namun kegiatan Jambora ini tidak hanya terfokus pada pemilu saja, tetapi juga penanaman nilai nilai pancasila yang merupakan dasar Negara Indonesia.

Jambore Kebangsaan
Jambore Kebangsaan (warta kota/nur ichsan)

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena melalui kegiatan ini saya bisa lebih mengenal arti kebersamaan, kebhinnekaan dalam perbedaan”, terang Mohammad Al Farisi, santri dari Ponpes Jabal Nur, Cipondoh, Kota Tangerang.

Serunya dalam kegiatan ini para peserta diajak melakukan berbagai permainan luar ruang yang membuat suasana menjadi cair dan penuh keakraban, mereka juga diuji kekompakannya, serta dilatih kemampuan individunya untuk agar bisa bekerjasama dan berkomunikasi dengan teman teman yang berasal dari latar belakang yang berbeda beda.

Jambore Kebangsaan
Jambore Kebangsaan (warta kota/nur ichsan)

“Kita ingin mereka mengerti bagaimana proses pelaksanaan pemilu, bagaimana menghadapi hoax dan tidak golput, karena kita punya tanggungjawab untuk memilih pemimpin yang mendukung kebhinnekaan”, tambah Eli Slamet

Selain permainan, digelar pula sesi pembahasan  tentang pemilu dan kemudian dilanjutkan  dengan api unggun yang semakin menyatukan para peserta.

“Saya berharap kegiatan ini bisa membawa kebaikan bagi semunya tidak hanya bagi peserta dan penyelenggara tapi juga masyarakat secara luas”, ungkap Elly Slamet mengakhiri kata sambutannya.

Penulis: Nur Ichsan
Editor: M Nur Ichsan Arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved