Otomotif

Siap Tempur di Tanah Air, Renault Pastikan Akan Merakit Produknya di Indonesia

RENAULT terus mempersiapkan diri untuk comeback-nya di Indonesia. Renault Pabrikan asal Perancis inipun berencana merakit produknya di Tanah Air.

Siap Tempur di Tanah Air, Renault Pastikan Akan Merakit Produknya di Indonesia
cartoq.com
RENAULT RBC MPV. Produk Renault ini yang diduga akan diluncurkan oleh Renault Indonesia di Tanah Air. 

"Potensinya cukup besar, kami bisa memanfaatkan fasilitas general assembler yang di Sunter, Jakarta Utara, atau aliansi antara Nissan, Mitsubishi, dan Renault."

RENAULT terus mempersiapkan diri untuk comeback-nya di Indonesia. Informasi mengenai rencana Renault memproduksi mobil secara completely knock-down (CKD) pun sudah terdengar sejak akhir 2018.

Ketika itu Kementerian Perindustrian memastikan pada 2019 akan ada dua merek Eropa yang merakit mobil di Tanah Air.

Menurut Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika, kedua merek asal Eropa itu (Renault dan Volkswagen) akan melakukan perakitan di Indonesia menggunakan fasilitas yang sudah ada.

Chief Operating Officer (COO) PT Maxindo Renault Indonesia Davy J Tuilan membenarkan kabar itu. Menurut dia, dipastikan tahun ini akan mulai melakukan CKD, namun belum bisa diinformasikan tentang tempatnya.

Inikah MPV 7-Penumpang Renault yang Akan Meluncur pada Semester II 2019 Mendatang?

Renault Akan Hadirkan Mobil LCGC hingga SUV di Tanah Air

RENAULT Kwid
RENAULT Kwid (Istimewa)

"Potensinya cukup besar, kami bisa memanfaatkan fasilitas general assembler yang di Sunter, Jakarta Utara, atau aliansi antara Nissan, Mitsubishi, dan Renault," ujar Davy ketika berkunjung ke Kompas.com, Selasa (26/2/2019).

Model Renault yang akan di CKD di Tanah Air juga masih dirahasiakan.

Secara potensi, kemungkinan besar antara MPV 7-penumpang atau city car Kwid, karena melalui agen pemegang merek (APM) baru, akan lebih agresif di pasar otomotif nasional.

Penjualan Sienta Melorot, Akankah Produksi Dihentikan? Begini Kata Toyota

"Akan kita informasikan lagi nanti, seperti tempatnya di mana dan juga modelnya apa saja," kata Davy J Tuilan Chief Operating Officer (COO) PT Maxindo Renault Indonesia. 

Jika tidak menggunakan fasilitas milik Mitsubishi atau Nissan, Renault juga bisa memanfaatkan tempat perakitan di Sunter, mengingat APM barunya ini berada di bawah naungan Maxindo yang juga menjadi distributor merek Mini. (Aditya Maulana)

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved