Kasus Ratna Sarumpaet

LIVE STREAMING Sidang Perdana Ratna Sarumpaet: Atiqah Hasiholan Setia Mendampingi

RATNA Sarumpaet menjalani sidang perdana kasus penyebaran berita bohong alias hoaks, Kamis (28/2/2019) hari ini di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

LIVE STREAMING Sidang Perdana Ratna Sarumpaet: Atiqah Hasiholan Setia Mendampingi
Wartakotalive.com/Feryanto Hadi
Aktivis Ratna Sarumpaet bersiap mengikuti sidang kasus pelanggara UU ITE di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2019) pagi. 

RATNA Sarumpaet menjalani sidang perdana kasus penyebaran berita bohong alias hoaks, Kamis (28/2/2019) hari ini di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sang putri, Atiqah Hasiholan, menyambut baik proses persidangan ibundanya tersebut. Ia berharap majelis hakim bisa bersikap seadil mungkin selama jalannya proses persidangan.

"Ya kalau sudah masuk persidangan harapannya ini kan di tangan hakim. Semoga hakim dengan penuh rasa hormat bisa mengadilkan dengan seadil-adilnya, tak ada tekanan apa pun," kata Atiqah Hasiholan kepada Tribunnews.com, Rabu (27/2/2019).

Hari Ini Sidang Perdana Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan Mendampingi, Rio Dewanto Sibuk Promo Film

Ratna Sarumpaet ditahan polisi setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus hoaks, Jumat 5 Oktober 2018. Aktivis perempuan itu harus berurusan dengan polisi lantaran penyebaran berita bohong terkait penganiayaan dirinya.

Cerita bohongnya itu lantas dibongkar polisi. Lebam di wajah Ratna Sarumpaet ternyata bukan akibat dipukul, melainkan karena operasi sedot lemak di RSK Bina Estetika Menteng.

Ratna Sarumpaet dijerat pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 46 tentang Peraturan Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dari penerapan pasal berlapis itu, Ratna Sarumpaet terancam hukuman 10 tahun penjara.

Panel Listrik Terbakar, Pelayanan di RSUD Kota Tangerang Lumpuh

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) DKI Jakarta Supardi mengaku optimistis jaksa penuntut umum (JPU) akan memenangkan proses persidangan melawan Ratna Sarumpaet, terdakwa kasus berita hoaks, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Ya kalau sudah melengkapi, ya mesti optimis lah. Kalau dakwaan lengkap berarti kan optimis, memenuhi unsur pasal yang disangkakan,” kata Supardi di kantornya, Selasa (26/2/2019).

Menurut dia, jaksa tidak melakukan persiapan khusus untuk menghadapi Ratna Sarumpaet. Karena, kasus Ratna Sarumpaet bukan kasus yang istimewa, dan jaksa penuntut umum (JPU) yang diturunkan juga gabungan dari Korps Adhyaksa.

Mahfud MD Bilang Pemerintah Bisa Diperkarakan Jika Menolak Berikan Data Lahan Berstatus HGU

“Biasa aja sih, apa sih istimewanya? Itu perkara biasa kok, ada perbuatan, ada pasal. Ini kan perkaranya handle dari Jaksa Agung, artinya jaksa dari Kejati dan Kejari ikut. Itu sudah lumrah, bukan ini tok,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Yaspen Martinus
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved