Guru SMP Tersangka Kreator Hoaks Tujuh Kontainer Surat Suara Tercoblos Segera Disidang

Karenanya, kini penyidik akan melakukan pelimpahan tahap kedua, berupa tersangka dan barang bukti, ke Kejaksaan, Kamis (28/2/2019) siang.

Guru SMP Tersangka Kreator Hoaks Tujuh Kontainer Surat Suara Tercoblos Segera Disidang
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
MIK (38) guru SMP asal Cilegon, Banten, pembuat dan penyebar konten hoaks tentang tujuh kontainer surat suara tercoblos. 

PEMBERKASAN kasus hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos dengan tersangka MIK (38) oleh penyidik Polda Metro Jaya, sudah dinyatakan lengkap alias P-21 oleh Kejaksaan, beberapa waktu lalu.

Karenanya, kini penyidik akan melakukan pelimpahan tahap kedua, berupa tersangka dan barang bukti, ke Kejaksaan, Kamis (28/2/2019) siang.

"Karena berkas sudah dinyatakan lengkap atau P-21 oleh Kejaksaan, maka hari ini penyidik melakukan pelimpahan tahap dua dengan menyerahkan tersangka MIK dan barang bukti kasus ke kejaksaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Kamis (27/2/2019).

BREAKING NEWS: Jokowi Tambah Bonus Rp 200 Juta untuk Setiap Pemain Timnas Indonesia U-22

Dengan begitu, kata dia, maka kasus ini akan diproses lebih jauh untuk segera disidangkan di pengadilan.

MIK, guru SMP di Cilegon, Banten, dibekuk aparat Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya, di rumahnya di kawasan Metro Cendana, Cilegon, Banten, Minggu (6/1/2019).

Ia diketahui sempat me-mention narasi hoaksnya ke akun twitter Dahnil Anzar Simanjuntak, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dua dari Tiga Emak-emak yang Hina Jokowi Jualan Nasi Uduk dan Es Campur, Dikenal Jarang Bergaul

"Tersangka menuliskan kalimat konten hoaks dan di-mention juga ke akun twitter @dahnilanzar," kata Argo Yuwono.

Konten hoaks yang dibuat MIK berbeda dengan konten hoaks yang dibuat Bagus Bawana Putra (51), warga Bekasi, Jawa Barat, yang dibekuk Bareskrim Mabes Polri dan kasusnya ditangani Bareskrim.

Bila Bagus membuat konten narasi dan rekaman suara kemudian diposting di media sosialnya pada Selasa (1/1/2019) dan Rabu (2/1/2019), maka MIK membuat konten narasi yang lebih pendek dan diposting pada Rabu (2/1/2019).

Empat Fakta Pria Mengamuk di Musala Sambil Teriak Takbir, Mengaku Sebagai Titisan Syekh Siti Jenar

Kalimat hoaks yang diposting MIK di twitternya, kata Argo Yuwono, adalah 'Harap ditindaklanjuti, informasi berikut: DI TANJUNG PRIOK ADA 7 KONTAINER BERISI 80JT SURAT SUARA YANG SUDAH DI COBLOS. HAYO PADI MERAPAT PASTI DARI TIONGKOK TUH.'

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved