Transportasi Jakarta

DTKJ Sarankan Bangkai Bus Terbakar Dijadikan sebagai Monumen Keselamatan

"Kalau perlu jadikan bangkai bus yg terbakar sebagai monumen keselamatan di pool atau kantor manajemen TJ dengan tulisan besar 'NEVER AGAIN'," ujarnya

DTKJ Sarankan Bangkai Bus Terbakar Dijadikan sebagai Monumen Keselamatan
Wartakotalive.com/Adhy Kelana
Kondisi bus gandeng Transjakarta yang terbakar di depan halte Masjid Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (28/8). Dalam peristiwa terbakarnya bus TransJakarta koridor 1 jurusan Kota-Blok M itu tidak ada korban jiwa. 

TANAH ABANG, WARTA KOTA -- Kebakaran Bus Transjakarta pada Rabu (18/2) lalu di Pasar Baru, Jakarta Pusat rupanya mendapatkan beberapa perhatian termasuk Dewan Transportasi Kota Jakarta.

Pasalnya bus swakelola tersebut sudah ketiga kalinya mengalami peristiwa kebakaran, selain itu bus swakelola ini juga menjadi prioritas menghadapi masalah kemacetan di Jakarta.

"Kejadian ini sangat ironis karena niat awalnya bus swakelola diharapkan menjadi benchmark untuk para operator dalam menjaga kualitas dan profesionalitas operasional bus," kata anggota Komisi Hukum dan Humas Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), Sudaryatmo, dalam keteranganya, Senin (25/2/2019)

Untuk itu diharapkan peristiwa ini tidak terulang kembali, sehingga pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus mengupayakan langkah-langkah perbaikan salah satunya melakukan audit eksternal untuk menjaga independesinya.

"Selain itu sanksi tegas dengan efek jera yang nyata untuk mendorong perbaikan manajemen dan perawatan armada swakelola TJ dan menjaga rasa keadilan untuk penanganan kasus sebelumnya," ujarnya.

Tak hanya itu perlu adanya peningkatan keselamatan Transjakarta baik internal TJ maupun publik. Serta harus ada akses point pelaporan ancaman keselamatan.

"Kalau perlu jadikan bangkai bus yg terbakar sebagai monumen keselamatan di pool atau kantor manajemen TJ dengan tulisan besar 'NEVER AGAIN'," ujarnya.

Dirinya menilai sudah saatnya unit bus swakelola dipisahkan menjadi unit usaha tersendiri seperti halnya operator yang lain yg fokus pada kualitas operasional.

Sehingga PT Transjakarta dapat lebih konsentrasi pada pembenahan manajemen kualitas dan integrasi angkutan umum.

"DTKJ sebagai bagian dari Pemprov DKI mengajak semua pihak untuk terus membenahi kondisi keselamatan dalam seluruh aspek penyelenggaraan angkutan umum di Jakarta," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved