Bekas Gudang Buku di Kota Bekasi Disulap Jadi Pusat Arsip Kemdikbud

Kemdikbud menyulap bekas gudang buku di Jalan Pangkalan 5, Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi jadi pusat arsip.

Bekas Gudang Buku di Kota Bekasi Disulap Jadi Pusat Arsip Kemdikbud
Warta Kota/Muhammad Azzam
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, meresmikan gedung arsip di Jalan Pangkalan 5, Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Senin (25/2/2019). 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyulap bekas gudang buku menjadi pusat arsip.

Gudang itu terletak di Jalan Pangkalan 5, Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi.

Gedung seluas 4 hektare yang saat ini menjadi pusat arsip itu diresmikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Senin, (25/2/2019).

Muhadjir menjelaskan gedung yang dulunya bekas gudang proyek buku terpadu milik pemerintah dialihfungsikan untuk keperluan pengarsipan pada 2015.

"Ini kan luas sekitar 4 hektare, kalau pusat arsip kita luasnya enggak segitu," kata Muhadjir.

Muhadjir mengungkapkan gudang arsip sangat dibutuhkan. Pasalnya, arsip merupakan dokumen yang disimpan dalam jangka waktu panjang dan lama.

"Gedung arsip ini bakal jadi tempat penyimpanan arsip Kemdikbud. Gedung arsip ini juga dilengkapi fasilitas yang baik," ucapnya.

Ia menturkan bahkan jenis rak atau alat penyimpanannya menggunakan bahan yang tahan jamur atau hama sejenis agar arsip tidak rusak.

"Ini kan arsip penting berisi ide-ide atau kebijakan-kebijakan. Kita harus mulai tunjukkan kepedulian kepada arsip. Jangan sampai arsip ini rusak atau hilang begitu saja," tuturnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, meresmikan gedung arsip di Jalan Pangkalan 5, Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Senin (25/2/2019).
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, meresmikan gedung arsip di Jalan Pangkalan 5, Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Senin (25/2/2019). (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Sementara itu, Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi, mengatakan gedung arsip ini akan menjadi pusat arsip Kemendikbud.

Untuk itu pengembangan gedung arsipnya pun dilakukan bertahap. Sehingga seluruh arsip-arsip Kemdikbud dari awal akan disimpan gedung ini atau arsip statis yang nantinya akan diserahkan ke Arsip Nasional

"Tahun 2015 mulai kita bangun, selesai dua tahun pembangunan tahap pertama, dan hari ini baru kita resmikan. Ke depan pembangunan tahap kedua juga segera kita lakukan," katanya.

Adapun gedung arsip yang diresmikan ini, kata Didik, ada dua bangunan. Satu bangunan seluas 2.100 meter persegi dan satu lagi seluas 5.000 meter persegi.

"Nanti akan ada lagi gedung seluas 7.000 meter dan 2.000 meter persegi untuk keperluan pengarsipan Kemendikbud di sini," ujarnya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved