Otomotif

Terungkap, Rahasia di Balik Ukuran Ban Depan Motor Trail Lebih Besar Dibanding Belakang

Lazimnya ban sepeda motor bagian depan lebih kecil dibanding dengan bagian belakang. Namun itu tidak berlaku untuk motor trail.

Terungkap, Rahasia di Balik Ukuran Ban Depan Motor Trail Lebih Besar Dibanding Belakang
BIRO PERS SETPRES/AGUS SUPARTO
Foto ilustrasi: Presiden Joko Widodo saat menunggangi motor trail di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). 

Ukuran ban depan motor trail lebih besar. Hal itu berbeda dengan kelaziman. Biasanya, ban sepeda motor bagian belakang lebih besar. Ternyata, ada kegunaan sangat penting bagi motor trail dengan ban depan lebih besar.

Sepeda motor petualang atau trail menggunakan ban depan dengan ukuran lebih besar ketimbang diameter ban belakang, guna menahan guncangan saat melintasi jalanan bergelombang.

Ibnu Baskoro dari Departemen Training Sales PT Sumi Rubber Indonesia menjelaskan, ukuran lingkar ban depan yang lebih besar dapat meredam kejut.

Sedangkan ban belakang didesain lebih kecil berfungsi membantu kelincahan motor saat berbelok.

"Jadi filosofi (sepeda motor) offroad itu ban depan memang lebih besar, sebab untuk meredam kejutnya adalah dari ban depan. Sedangkan ban belakang membantu saat belok," kata Ibnu, Jumat (22/2/2019).

Tujuan Jokowi ke Rumah Wapres ke-4 Hingga Foto Bareng Pakai Tongsis

Benarkah Syahrini Rela Pensiun dari Artis demi Reino Barack yang akan Dinikahi di Jepang?

Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Pekan Ke-27, Ada Manchester United Vs Liverpool

Ibnu Baskoro juga menjelaskan, ukuran suspensi (travel shock) depan pada motor trail didesain lebih panjang untuk mengakomodir ukuran roda yang besar.

Kombinasi ukuran itu diklaim turut menunjang kestabilan bermanuver saat sepeda motor melibas jalanan offroad yang bergelobang bahkan curam.

Ibnu Baskoro mengatakan, dengan travel shock depan yang lebih panjang dibandingkan motor onroad, tentu membutuhkan diameter roda yang lebih besar.

"Itu juga supaya melibas (jalan) lebih mudah. Sedangkan motor biasa ukuran depan dan belakang umumnya sama karena sudut kemiringannya saat menikung berbeda dengan motor trail," jelas Ibnu Baskoro.

Sebagai informasi, motor petualang memang memiliki ukuran ban depan-belakang yang berbeda. Honda CRF 150L menggunakan ukuran 21 pada depan dan ukuran 18 pada belakang.

Adapun Kawasaki KLX 150 memakai ukuran 19 pada depan dan 16 pada belakang.

6 Tip sebelum menjelajah dengan motor trail

Hobi mengendarai sepeda motor petualang (trail) ternyata cukup berkembang dalam beberapa tahun belakangan ini.

Hal itu ditandai dengan tumbuhnya jumlah pengguna motor "lincah" tersebut dengan berbagai pilihan model yang disediakan oleh pabrikan di Indonesia.

Halaman
1234
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved