Transportasi Jakarta

Penumpang Harus Memiliki Etika saat Naik Kereta MRT

Sebanyak 16 rangkaian kereta buatan Nippon Sharyo perusahaan asal Jepang ini sudah siap melaju di rel Lebak Bulus-Bundaran HI.

Penumpang Harus Memiliki Etika saat Naik Kereta MRT
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Kereta Mass Rapid Transit (MRT) saat berhenti di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (20/2/2019). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Anggie Lianda Putri

MENTENG, WARTA KOTA - Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) sebuah transportasi yang digadang-gadang bisa merubah kebiasaan masyarakat dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum direncanakan beroperasi awal Maret 2019 mendatang.

Sebanyak 16 rangkaian kereta buatan Nippon Sharyo perusahaan asal Jepang ini sudah siap melaju di rel Lebak Bulus-Bundaran HI.

Agar moda transportasi yang canggih dan mahal ini tetap terjaga kebersihannya, Corporate Secretary PT MRT Kamaludin berharap para penumpang memiliki etika saat berada di stasiun ataupun di dalam kereta.

"Kalau untuk etika pastinya kita ingin penumpang itu disiplin saat keluar masuk stasiun. Utamakan yang keluar dahulu, jadi yang mau masuk bisa menunggu di sisi kanan dan kiri pintu kereta," ujar Kamaludin kepada Warta Kota, Jumat (22/2/2019).

Ia juga meminta agar penumpang menggunakan tangga manual saat berada di Stasiun, sehingga eskalator dan lift bisa digunakan oleh penyandang disabilitas serta orang lanjut usia (lansia).

"Utamakan menggunakan tangga biasa, karena eskalator itu sebenarnya diperuntukan untuk orang tua dan anak-anak. Sementara lift diperuntukkan untuk kaum disabilitas, jadi nanti ada liftnya untuk keatas ataupun kebawah tapi diutamakan untuk kaum difabel," ungkap Kamaludin.

Sementara saat berada didalam kereta, penumpang diharapkan tidak memakan tempat-tempat yang telah dikhususkan untuk teman-teman disabilitas dan juga lansia.

"Disisi ujung Kereta ada kursi prioritas untuk kaum difabel dan ada pula area yang diutamakan untuk pengguna kursi roda. Jadi mohon area itu jangan dipakai untuk berdiri," katanya.

Kemudian ia juga mengimbau agar para penumpang tidak makan dan minum saat berada didalam kereta.

Halaman
12
Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved