Kadinkes Kota Depok Bertekad Agar Tak Ada Lagi Pasien Sampai Meninggal karena DBD

Dia ingin memastikan agar tidak ada lagi pasien penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayahnya yang berujung kematian.

Kadinkes Kota Depok Bertekad Agar Tak Ada Lagi Pasien Sampai Meninggal karena DBD
Warta Kota/Gopis Simatupang
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita ingin memastikan agar tidak ada lagi pasien penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayahnya yang berujung meninggal dunia.

Menurutnya, dia pasti akan tahu apabila ada pasien DBD yang sampai kehilangan nyawa.

Dia juga menyampaikan, dua pasien meninggal dunia yang diungkapkan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, beberapa waktu lalu, masih berstatus terduga (suspect) penderita DBD.

"Enggak ada lagi (yang meninggal), yang dua terduga tadi saja. Kalau ada, rumah sakit (RS) pasti lapor, harus lapor," ujar Novarita, saat ditemui seusai simposium gerakan Satu Rumah Satu Jumantik (SRSJ) di Balaikota Depok, Rabu (20/2/2019).

Dikatakan Novarita, pihaknya masih mencoba mendapatkan kronologis lengkap dari RS terkait kasus meninggalnya dua suspect pasien DBD.

Dia menyayangkan RS tidak memberikan penjelasan yang lengkap, sehingga terjadi kesimpangsiuran penyebab pasti hilangnya nyawa dua warga Depok itu.

Dia menegaskan, kronologis lengkap dan utuh dari RS yang merawat dua pasien itu amat diperlukan sebagai bahan evaluasi penanganan kasus DBD ke depannya.

"Data RS-nya enggak lengkap. Setiap ada kasus kan kita minta kronologisnya seperti apa, nah ini belum ada jawaban dari RS yang bersangkutan untuk menjawab ini. Kita masih minta kronologisnya dari RS. Kalau sudah ada jawaban baru bisa dipastikan kalau ini DBD," katanya.

Sesuai arahan Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad, Dinas Kesehatan akan menggalakkan kembali aktivitas juru pemantau jentik (Jumantik) melalui gerakan Satu Rumah Satu Jumantik di seluruh wilayah Kota Depok untuk mencegah penyakit DBD.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kota Depok, tahun 2016 pasien DBD di Depok mencapai 2.834 orang.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved