VIDEO: Pengiriman 30 Kg Sabu dari Malaysia Digagalkan

Setelah dicek menggunakan x-ray, kata dia, diketahui benar ada narkotika jenis shabu didalam lampu downlight tersebut.

Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) Bareskrim Polri berhasil mengungkap kasus penyelundupan 30 kilogram shabu di dalam lampu downlight dari Malaysia ke Indonesia.

Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Pol Krisno Siregar, mengatakan kasus ini terungkap pada tanggal 24 Januari 2019, saat Dirtipidnarkoba berkoordinasi dengan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta.

"Setelah berkoordinasi dengan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta didapatkan data tentang sebuah paket lamou downlight sebanyak 22 koli dari Malaysia dengan tujuan Surabaya," ujar Krisno, di Dirtipidnarkoba Bareskrim, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (20/2/2019).

Setelah dicek menggunakan x-ray, kata dia, diketahui benar ada narkotika jenis shabu didalam lampu downlight tersebut.

Kemudian melalui controlled delivery, pihak kepolisian menangkap tersangka sesuai alamat yang tertera di paket, yakni di Komplek Ruko Gunung Anyar Jaya No. 52 Surabaya.

"Dapat ditangkap tersangka Herman Sutjiono alias Liang pada hari Kamis tanggal 31 Januari 2019. Dri penangkapan tersebut dapat disita barang bukti narkotika jenis shabu sebanyak 30.041 gram yang disembunyikan di dalam lampu downlight," jelasnya.

Berdasarkan interogasi, Liang diketahui diperintahkan Bobi (menjadi DPO) untuk membongkar lampu dan mengambil shabu, dan dibawa ke Jakarta.

"Untuk hal tersebut tersangka Liang dijanjikan oleh Bobi uang sebesar Rp 20 juta, dimana uang tersebut akan diberikan setelah shabu diterima oleh Bobi," tandasnya.

Tersangka dalam kasus ini disangkakan Pasal 114 ayat (2) subsidair Pasal 112 ayat (2) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan terancam hukuman pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun.(*)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved