Pilpres 2019

Kubu 02 Bilang Ucapan Jokowi Soal Lahan yang Dikuasai Prabowo Bikin Mantan Kombatan GAM Marah

DAHNIL Anzar Simanjuntak, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, mengaku dihubungi mantan anggota GAM.

Kubu 02 Bilang Ucapan Jokowi Soal Lahan yang Dikuasai Prabowo Bikin Mantan Kombatan GAM Marah
Kompas.com/Kristianto Purnomo
CALON Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan gagasannya saat Debat Kedua Calon Presiden, Pemilihan Umum 2019, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). 

DAHNIL Anzar Simanjuntak, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, mengaku dihubungi mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Aceh.

Menurut Dahnil Anzar Simanjuntak, mantan kombatan GAM itu tersinggung dengan pernyataan Jokowi soal Hak Guna Usaha (HGU) lahan Prabowo Subianto di Aceh Tengah. Mereka tersinggung karena selama ini HGU tersebut dimanfaatkan oleh mantan anggota GAM.

"Hari ini saya dikontak oleh teman-teman dari mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka di Aceh Tengah. Mereka menyatakan, Mas, kami ini marah, kami kecewa dengan statement dan tuduhan Pak Jokowi," ujar Dahnil Anzar Simanjuntak di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Jakarta, Senin (18/2/2019).

Glenn Fredly: Ditinggal Nikah? Kita Maafkan

"Kenapa? Karena bagi mereka justru tanah yang di-HGU-kan kepada Pak Prabowo itu digunakan sepenuhnya untuk masyarakat. Kombatan-kombatan GAM di Aceh itu banyak memanfaatkan tanah-tanah itu atas izin Pak Prabowo," sambungnya.

Oleh karena itu, menurut Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam menjawab pernyataan Jokowi soal kepemilikan HGU, Prabowo Subianto menjawab dirinya sangat patriotik dan nasionalis. Karena, Prabowo Subianto juga memiliki kontribusi dalam perdamaian di Aceh melalui pendekatan ekonomi.

"Jadi teman-teman kombatan Aceh itu merasa terbantu dengan lahan yang di-HGU-kan kepada Pak Prabowo," katanya.

Dua Warga Pakistan Dicurigai Sebagai Pemutilasi Dua WNI di Malaysia Gara-gara Hal Ini

Sedangkan untuk di Kalimantan Timur, lanjutnya, Prabowo Subianto berjuang untuk mendapatkan HGU tersebut agar tambang dikelola oleh pengusaha lokal. Prabowo Subianto, katanya, berjuang melawan perusahaan yang berbasis di Inggris, Churcill Mining.

"Bahkan sampai PTUN, untuk memastikan tambang itu diperoleh dan dikelola oleh pengusaha lokal. Kenapa kemudian kalimat yang keluar dari Pak Prabowo itu patriotik dan nasionalis. Jadi kalau kemudian tindakan Pak Prabowo itu dicibir oleh Pak Jokowi, saya tidak tahu harus mengungkapkan kalimat seperti apa. Justru yang dipertahankan Pak Prabowo adalah, apa namanya, dignity, martabat sebagai anak bangsa," beber Dahnil Anzar Simanjuntak.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyatakan, ratusan ribu hektare tanah yang ia kuasai di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah berstatus Hak Guna Usaha (HGU).

Anies Baswedan Resmikan Lima Pembangunan Gelanggang Remaja dengan Fasilitas Bertaraf Internasional

Ratusan ribu hektare tanah yang dikuasai Prabowo Subianto ini sebelumnya diungkap capres 01 Joko Widodo (Jokowi) dalam debat kedua Pilpres 2019.

Halaman
12
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved