Pilpres 2019

Gubernur Aceh Bilang Lahan 120 Ribu Hektare Milik Prabowo Bermasalah, Jokowi Pernah Kerja di Sana

CALON presiden petahana Joko Widodo mengungkapkan soal tanah 120 ribu hektare di Aceh yang dimiliki calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Gubernur Aceh Bilang Lahan 120 Ribu Hektare Milik Prabowo Bermasalah, Jokowi Pernah Kerja di Sana
Warta Kota/Henry Lopulalan
Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf (kiri) mengikuti sidang lanjutan terkait kasus dugaan suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018 dan kasus penerimaan gratifikasi pelaksanaan proyek pembangunan Dermaga Sabang yang dibiayai APBN Tahun Anggaran 2006-2011 di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018). 

CALON presiden petahana Joko Widodo mengungkapkan soal tanah 120 ribu hektare di Aceh yang dimiliki calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengungkap hal tersebut saat debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019).

Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf membenarkan kepemilikan tanah yang dimiliki mantan Danjen Kopassus TNI AD itu.

Kubu 02 Bilang Ucapan Jokowi Soal Lahan yang Dikuasai Prabowo Bikin Mantan Kombatan GAM Marah

"120 ribu hektare, sekarang aman 100 ribu hektare, gede loh," kata Irwandi Yusuf, ditemui di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (18/2/2019).

Dia menjelaskan, lahan itu digunakan sebagai perkebunan pinus untuk bahan baku kertas. Dia menilai, perusahaan itu bermasalah karena turut melakukan penebangan hutan.

"Pinus hutan industri, pinusnya dipakai untuk bahan pulp. Ada pabrik kertas di sana. Sudah bermasalah, masih ada pinus ditebang. Kuperhatikan banyak ditebang tapi yang lama-lama ditebang, artinya tidak ditanam," ungkapnya.

Dinas Bina Marga DKI Janji Pasukan Kuning Perbaiki Semua Jalan Berlubang Saat Cuaca Cerah

Dia menilai, Jokowi mengetahui soal lahan itu, karena pernah bekerja di sana.

"Pak Jokowi lebih tahu, karena Pak Jokowi bekerja di sana juga dulu. Setiap Pak Jokowi mengangkat isu sudah benar itu," paparnya.

PT Tusam Hutani Lestari merupakan perusahaan patungan antara PT Alas Helau milik Prabowo Subianto dengan PT Inhutani IV, dengan komposisi saham sebesar 60 persen dan 40 persen.

Perdana Menteri Singapura Jenguk Ani Yudhoyono dan Menyapa dari Kejauhan

Lahan PT Tusam Hutani Lestari berada di pegunungan Aceh Tengah, memiliki konsesi 97.300 hektare dengan konsesi hingga 2042.

Berdasarkan dokumen Keputusan Menteri Kehutanan nomor 556/Kpts-II/1997, status lahan PT Tusam Hutani Lestari berstatus hak pengusahaan hutan dengan luas 97.300 hektare. (*)

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved