Beda Nasib Rusunawa Pasar Rumput dan Pasar Minggu

Bila Rusunawa Pasar Rumput jadi kebanggaan Presiden Jokowi, maka Rusunawa Pasar Minggu nasibnya tak jelas setelah pembangunannya dibatalkan.

Beda Nasib Rusunawa Pasar Rumput dan Pasar Minggu
@jokowi
Tahun 2016, kawaan Pasar Rumput diremajakan dengan konsep baru menggabungkan hunian, komersial, dan pasar. Berbentuk tiga menara yang menjulang 25 lantai, Rusunawa Pasar Rumput berisi hunian sebanyak 1.984 unit dan kios 1.314 unit. 

Presiden Joko Widodo melalui akun media sosialnya pamer soal hampir selesainya Rumah Susun Sewa Pasar Rumput Kecamatan Setia Budi, Jakarta Selatan.

Namun, nasib berbeda terjadi pada rencana pembangunan rusunawa yang sama di Pasar Minggu yang dipastikan batal dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Padahal, disain pembangunan rusun sebelumnya sudah dibuat.

Bahkan, terkait rencana revitalisasi pasar dan pembangunan rusunawa, tempat penampungan sementara (TPS) pedagang pasar sudah terlanjur dibangun. Kini, sudah lebih dari satu tahun LPS itu tak digunakan.

Manager Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya, M Fachri mengungkapkan, terkait batalnya pembangunan rusunawa oleh Kementerian PUPR, pihaknya masih mencari alternatif lain supaya revitalisasi dan pembangunan rusunawa Pasar Minggu bisa terwujud.

"Rencana pembangunan tetap. Kami membuka kerjasama dengan pihak lain untuk merealisasikan itu," ungkap Fachri dihubungi, Selasa (19/2/2019).

Fachri tak merinci alasan pembatalan kerjasama oleh Kementerian PUPR. Yang pasti, pihaknya masih terus mengusahakan agar pembangunan rusunawa dan renovasi pasar tetap bisa dilaksanakan.

Sebelumnya, Pempov DKI Jakarta berencana bekerja sama dengan Kementerian PUPR dalam pembangunan Rusun Pasar Minggu di atas pasar Pasar Minggu.

Ada tiga tower rusun yang rencananya akan dibangun di Pasar Minggu.

Ketiga tower dengan jumlah 2.300 unit itu dibangun di atas empat lahan existing yang ada sekarang, yakni lahan Terminal Pasar Minggu seluas 8.404 meter persegi, lahan PD Pasar Jaya seluas 10.500 meter persegi, lahan Robinson seluas 6.261 meter persegi, dan lahan UPT Lokbin UMKM Pasar Minggu seluas 5.521 meter persegi.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved