Pilpres 2019

Prabowo: Ibarat Badan, Kalau Negara Sakit, Berobatlah ke Dokter Atau Dukun

Menurut Prabowo Subianto, menjaga atau mengelola negara sama halnya dengan menjaga badan kita sendiri.

Prabowo: Ibarat Badan, Kalau Negara Sakit, Berobatlah ke Dokter Atau Dukun
Dok. Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga
Calon Presiden nomer urut 02 Prabowo Subianto saat bertemu dengan para korban bencana, kader Partai Gerindra, simpatisan dan relawan di Hotel Santika, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (8/1/2019). 

CALON presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengibaratkan negara seperti badan, dalam pidato kebangsaannya di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (15/2/2019).

Menurut Prabowo Subianto, menjaga atau mengelola negara sama halnya dengan menjaga badan kita sendiri.

"Para ahli sejarah ratusan tahun mengatakan bahwa negara ibarat badan, disebut the body politic. Jadi, sama dengan badan manusia tadi. Badan manusia ada saat dilahirkan, ada saat tumbuh, ada saat sehat, ada saat sakit, dan ada saat punah," tuturnya.

Perdana Menteri Singapura Jenguk Ani Yudhoyono dan Menyapa dari Kejauhan

"Ini adalah gerak alam yang dijanjikan bagi mereka yang beragama oleh Tuhan yang maha besar, yang maha kuasa. Sama, negara dilahirkan, negara tumbuh, negara berkembang, negara membangun, negara mencapai tingkat kesejahteraan, tingkat kemakmuran, tingkat kejayaan, atau tingkat keterpurukan," sambungnya.

Menurut Prabowo Subianto, sama seperti badan, pemimpin negara harus berkonsultasi kepada ahli atau pakar bila ada masalah. Bila badan sakit, maka menurutnya berkonsultasilah ke dokter, perawat, atau dukun.

"Kalau enggak ada dokter, minimal ke perawat atau ahli, atau ada juga yang ke dukun. Kadang-kadang dukun lebih ampuh daripada dokter, kadang-kadang, ini media jangan dipelintir. Ini saya diadu domba dengan dokter. Prabowo menganjurkan ke dukun saja, enggak bener. Namun harus diakui, kadang ada dukun juga yang efektif, dukun patah tulang, dan sebagainya," seloroh Prabowo Subianto.

Tiket Bus Promo Rp 50 Ribu Jakarta-Solo-Semarang Ludes Terjual

Menurut Prabowo Subianto, bila kemudian dokter menyebutkan ada salah satu anggota badan yang sakit, maka kemudian jangan disalahkan dokternya. Reaksi orang waras, menurut Prabowo Subianto, tidak akan memarahi dokter apabila didiagnosa mengidap penyakit tertentu.

"Jadi saudara-saudara orang yang marah-marah sama dokter ini kira-kira selamat atau tidak? Negara juga seperti itu," paparnya. (Taufik Ismail)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved