Properti

Depok Kawasan Hunian Favorit Generasi Muda, Harga Tembus Rp 9,5 Juta per Meter Persegi

Posisi Depok lebih strategis, dekat dengan Jakarta, serta dapat diakses dengan berbagai moda transportasi publik.

Depok Kawasan Hunian Favorit Generasi Muda, Harga Tembus Rp 9,5 Juta per Meter Persegi
Istimewa
ILUSTRASI Perumahan 

Dalam riset terbarunya, Lamudi melaporkan, rumah di Kota Depok melalui Google, paling banyak dicari, yakni 30.230 calon pembeli sepanjang 2018.

KAWASAN penyangga ibu kota seperti Bogor, Depok, Bekasi, danTangerang menjadi incaran para pemburu hunian, menyusul harga rumah di Jakarta yang makin meroket dan dinilai tak terkendali.

Ketersediaan lahan serta harga tanah yang relatif lebih murah dibanding Jakarta membuat harga hunian di Bodetabek masih relatif ramah kantong. Meskipun di beberapa kawasan sudah mulai terus merangkak naik.

Sebut saja Kota Depok. Di kawasan ini, meski harga rumah jauh lebih rendah ketimbang Jakarta, namun juga sudah menembus angka Rp 9,5 juta per meter persegi.

Tapi, bagi milenial dan kalangan profesional muda, angka sebesar ini dianggap masih terjangkau. Terlebih lagi posisi Depok lebih strategis, dekat dengan Jakarta, serta dapat diakses dengan berbagai moda transportasi publik.

"Tak mengherankan jika Kota Depok menjadi favorit para pencari rumah dari kalangan generasi muda," kata Managing Director Lamudi Indonesia Mart Polman dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (15/2/2018).

Harga Rumah Subsidi Naik, REI Tidak Kuatir Permintaan Akan Turun

Cicilan Rp 25.000 per Hari Bisa Dapat Rumah Murah Tipe 36/60

Dalam riset terbarunya, Lamudi melaporkan, rumah di Kota Depok melalui Google, paling banyak dicari, yakni 30.230 calon pembeli sepanjang 2018.

Menyusul di urutan kedua adalah Kota Bekasi, sepanjang tahun 2018 lalu orang yang mencari informasi rumah di kawasan ini sebanyak 21.870 orang.

Berikutnya Kota Bogor dengan jumlah pencarian 19.670 orang dan yang terakhir Tangerang dengan total pencarian 13.740 orang.

Infrastruktur

Selain strategis dan diapit oleh Jakarta-Bogor, menurut Mart, ada banyak faktor yang membuat Depok menjadi kota favorit calon pembeli rumah.

"Kota Depok juga dikelilingi dengan sarana infrastruktur dan transportasi massal yang sangat memadai, contohnya commuter line, bus TransJakarta, Tol Cinere-Jagorawi dan Tol Depok - Antasari," tutur Mart.

Depok juga cocok dijadikan sebagai tempat tinggal untuk pasangan dan profesional muda yang memiliki mobilitas tinggi.

Dengan harga rata-rata Rp 9,5 juta per meter persegi, rumah di Depok bisa dijangkau kalangan menengah.

Rumah-rumah seharga ini bisa ditemui di Cinangka, Pengasinan, Citayam, Bedahan, Cipayung dan Bojongsari. (Hilda B Alexander) 

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved