VIDEO: Kampung Rambutan Banjir, Warga Salahkan Perumahan Dibangun di Lahan Sawah

"Dulu di sini ada sawah buat resapan air, tapi sekarang sudah jadi komplek warga. Sejak saat itu banjirnya selalu tinggi,"

Warga menduga banjir setinggi satu setengah meter di Jalan Hadidji, RT 12, Kampung Rambutan, Ciracas Jakarta Timur, disebabkan karena adanya komplek perumahan yang dibangun di atas sawah yang menjadi daerah resapan air.

"Dulu di sini ada sawah buat resapan air, tapi sekarang sudah jadi komplek warga. Sejak saat itu banjirnya selalu tinggi," kata seorang warga bernama Abian Syam (22) di lokasi, Senin (11/2) malam.

Sempat ada wacana untuk membangun waduk di lahan departemen sosial yang merupakan milik pemerintah, namun rencana tersebut tak urung direalisasikan sejak Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias BTP, lengser.

"Pas zaman Pak Ahok tadinya mau dibangun waduk di dekat sini. Tapi enggak tahu kenapa sampai sekarang enggak ada kabarnya," tutur Abian.

Wilayah yang dialiri aliran Kali Cipinang tersebut juga minim saluran air di sekitar area perumahan warga. Oleh sebab itu air yang meluap dari kali tersebut menuju jalan utama hingga masuk ke rumah para warga.

"Saya harap sih ini ada solusinya ya. Ini jalan sudah ditinggiin 30 sentimeter saja masih banjir. Bagaimana kalau enggak ditinggiin? Untung rumah saya sudah ditinggiin. Kalau jalan lagi ke dalam komplek bisa satu setengah meter. Biasanya surutnya lama, 4 sampai 5 jam," katanya.

Pantauan Warta Kota pada pukul 21.30 WIB, sejumlah warga kini mulai menyelamatkan barang-barangnya. Kendaraan roda empat dan roda dua pun terpaksa diparkirkan di tengah jalan untuk sementara waktu. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved