VIDEO: Jelang Valentine, Harga Bunga di Rawa Belong Meningkat

Tapi kalo hari Valentine nanti bisa Rp. 120 ribu, itu untuk yang mawar Bandung," kata Mumu, Senin (11/2/2019).

Menjelang hari kasih sayang atau valentine harga bunga mawar akan merangsak naik, bahkan kenaikan hingga mencapai 2 kali lipat dibandingkan pada hari biasanya. Bahkan pada hari valentine nanti bunga mawar akan dibandrol Rp. 120 ribu per ikat.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu pedangan di Pasar Bunga Rawa Belong, Mumu (20). Ia mengatakan jika biasanya pertangkai dijual Rp. 5000, saat hari Valentine perbatang akan dijual Rp. 15.000.

"Biasanya naik itu pas hari H valentine, kalo hari biasa itu dijual harga Rp. 60 ribu itu perikat ada delapan batang. Tapi kalo hari Valentine nanti bisa Rp. 120 ribu, itu untuk yang mawar Bandung," kata Mumu, Senin (11/2/2019).

Dikatakan Mumu kenaikan harga ini hanya terjadi pada hari Valentine saja, setelah itu harga akan kembali normal seperti biasanya, kenaikan harga ini juga disusul dengan beberapa harga bunga lainnya.

Namun, ia mengaku kenaikan bunga selain bunga mewar tidak begitu signifikan, hanya bertambah Rp. 10.000 per ikatnya. Tak hanya itu kenaikan harga juga terjadi pada buket dimana biasa dibandrol Rp. 300 ribu kini naik hingga Rp. 400 ribu.

"Kalo naik cuma pas valentine aja. Sisanya turun seperti biasa," ujarnya.

Selain itu, Yayang (37) salah satu pedagang bunga di Pasar Rawa Belong. Ia mengaku penjualan bunga jelang valentine dirasakan menurun hingga 60 persen.

"Kalo yang dirasakan saat ini justru menurun hingga 60 persen, karena apa, pengaruh penurunan selain memasuki bulan politik juga karena ada himbauan-himbauan atas tidak bolehnya merayakan valentine, jadi itu ngaruh banget dibandingkan tahun lalu," kata Yayang.

Menurutnya jika dibandingkan pada tahun lalu, dua hari menjelang perayaan valentine sudah banyak pemesanan ataupun pembeli yang datang ke sentra bunga Rawa Belong, namun ia melihat justru, hal itu belum dirasakan, sehingga ia menilai adanya penurunan.

"Dulu itu tiga hari dua hari lah, udah dikit bunga mawar, karena banyak yang order juga. Tapi sekarang malah belum keliatan, biasanya dulu biasa 1000 batang kejual abis, tapi kalo sekarang kita belum tahun ni sampai segitu atau ngak," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved