VIDEO: Begini Suasana Lokasi Calon Pembangkit Listrik Tenaga Sampah di Bekasi

sampah yang dibakar dengan paduan air mencapai 1.200 derajat lebih ini akan menghasilkan uap yang mampu menggerakan turbin generator.

Realisasi pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di Tempat Pembungan Akhir (TPA) Sumur Batu Kota Bekasi mulai nampak perkembangan positif.

Pemerintah Kota Bekasi menunjuk pihak ketiga yakni PT Nusa Wijaya (NW) Abadi selaku pengelola teknologi sampah menjadi listrik tersebut, sejak tahun 2016.

Tak kunjung dimulainya, atau pengoperasian PLTSa itu, Presiden Direktur PT NW Abadi, Tenno Sujarwanto menjelaskan ada mekanisme dan proses yang harus dijalan untuk mewujudkan PLTSa tersebut. Mekanisme mengacu pada Perpres 35 tahun 2018 tentang percepatan pembangunan instalasi pengolah sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan.

"Semua acuan itu terus kita jalankan dan penuhi. Terakhir kita sedang Feasibility Study atau uji kelayakan dibuat oleh konsultan dan itu prosesnya cukup lama," katanya saat ditemui Wartakota, Senin (11/2/2019).

Tenno menjelaskan tak lama hadirnya PLTSa sudah langsung melakukan Feasibility Study atau uji kelayakan namun tidak sesuai ketentuan PLN.

"FS kita sudah dari akhir 2016 dan 2017. Kita pakai konsultan Green Tech dua kali revisi tetap tidak cocok formatnya sesuai PLN. Akhirnya mencari dan gunakan konsultan yang sudah biasa menangani FS sesuai ketentuan PLN, kita pakai PT New Pro," jelasnya.

Proses uji kelayakan atau FS baru dengan konsultan PT New Pro, kata Tenno, sudah dilakukan pada Desember 2018.

Ada dua hal dalam uji kelayakan, pertama uji kelayakan tentang jaringan, yaitu terkait dengan output turbin sampai jaringan dan distribusi.

Kemudian uji kelayakan kedua, yaitu berkaitan dengan sampah dan listrik.

"Proses FS atau uji kelayakan dua bulan lama. Akhir Februari ini mudah-mudahan segera keluar hasilnya dan sesuai ketentuan PLN," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved