Pemkot Bekasi Bakal Lakukan Percepatan Realisasi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Saat ini sedang dilakukan uji kelayakan terakhir Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di TPA Sumur Batu, Kota Bekasi.

Pemkot Bekasi Bakal Lakukan Percepatan Realisasi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah
Warta Kota/Muhammad Azzam
Pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di Tempat Pembungan Akhir (TPA) Sumur Batu Kota Bekasi. 

WARTA KOTA, BEKASI --- Realisasi pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu, Kota Bekasi, mulai terlihat perkembangan positif.

Pemerintah Kota Bekasi sudah menunjuk pihak ketiga yakni PT Nusa Wijaya (NW) Abadi selaku pengelola teknologi sampah menjadi listrik tersebut.

PT NW Abadi meminta Pemerintah Kota Bekasi untuk mengirimkan surat rekomendasi ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia dan Perusahaan Listrik Negara agar bisa membeli hasil produk listrik yang dihasilkan dari sampah.

"Saat ini kita kan lagi feasibility study atau uji kelayakan hasilnya keluar akhir Febuari ini," ucap Presiden Direktur PT NW Abadi, Tenno Sujarwanto, saat ditemui Warta Kota, Senin (11/2/2019).

"Jika hasil FS sesuai ketentuan PLN, kami meminta agar Wali Kota bisa mengirimkan surat ke Kementerian ESDM agar PLN bisa langsung menindaklanjuti proyek PLTSa dengan dibuatnya kontrak kerjasama," kata Tenno lagi.

VIDEO: Begini Suasana Lokasi Calon Pembangkit Listrik Tenaga Sampah di Bekasi

Tenno mengatakan, surat rekomendasi wali kota itu menjadi mekanisme dan proses yang harus dijalani untuk mewujudkan PLTSa tersebut.

Mekanisme itu mengacu pada Perpres 35 tahun 2018 tentang percepatan pembangunan instalasi pengolah sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan.

Seperti acuan pertama, perusahaan ditunjuk dan menang sebagai pengembang PLTSa oleh Wali Kota Bekasi.

Hal itu sudah tertuang dalam kontrak dengan Pemerintah Kota Bekasi sejak tahun 2016.

Kemudian, PLN akan meminta berupa FS atau uji kelayakan untuk jaringan dan PLTSa itu.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved