Jumlah Kardus KPU Cirebon yang Hancur Kena Air Hampir 1500, Masih Bisa Bertambah

"Itu angka sementara, karena masih banyak yang belum dibongkar, kan numpuk tuh, yang bawah itu yang rusak, yang basah, gitu.

Jumlah Kardus KPU Cirebon yang Hancur Kena Air Hampir 1500, Masih Bisa Bertambah
kompas.com
Petugas sedang membuang kardus kotak surat suara yang rusak karena terkena air di depan Gudang KPU Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Minggu (10/2/2019). Bawaslu Jabar dan RI menemukan sebanyak 696 kotak yang rusak dan diprediksi masih akan terus bertambah. (Kompas.com/ MUHAMAD SYAHRI ROMDHON) 

Jumlah kotak kardus suara pemilu rusak di Cirebon bertambah dari 696 unit menjadi 1.410 unit. Data ini mengacu pada temuan Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Jawa Barat.

Ketua Bawaslu Jawa Barat Zaki Hilmi menyebut, angka itu masih bersifat sementara.

Jumlah kotak kardus suara rusak masih mungkin bertambah lantaran Bawaslu masih terus melakukan pengecekan di gudang penyimpanan. Diduga, kotak suara rusak lantaran basah terkena air hujan.

"Itu angka sementara, karena masih banyak yang belum dibongkar, kan numpuk tuh, yang bawah itu yang rusak, yang basah, gitu. Kemungkinan bisa di 2.000 (kotak suara yang rusak) kalau hitungan mereka," kata Zaki saat dikonfirmasi, Senin (11/2/2019).

Zaki menjelaskan, pada Sabtu (9/2/2019) malam, hujan mengguyur sebagian wilayah Cirebon. Esok harinya, ditemukan bahwa gudang penyimpanan kotak suara di Cirebon tergenang air dan merendam kotak suara.

VIDEO: Pengacara Pemprov Papua Sebut Gilang Pegawai KPK Tidak Alami Pipi Robek dan Hidung Patah

KPU Kabupaten Cirebon, kata Zaki, tidak mengantisipasi dan memperhitungkan terjadinya hujan akan menyebabkan kebocoran.

Penyimpanan kotak suara oleh KPU Cirebon juga dinilai tidak sesuai dengan Standar Operasional Teknis Kerja (SOTK).

Kotak suara tidak dilapisi alas palet sebelum diletakan di gudang.

"Kalau yang lain itu dikasih alas palet. Ini enggak ada, jadi setelah kotak suara disetting, itu ditaruh hanya dilapis bekas bilik suara pilgub. Tidak ada palet, alasan mereka faktor keuangan," ujar Zaki.

Menanggulangi hal tersebut, Bawaslu Jabar meminta KPU Cirebon untuk memindahkan gudang penyimpanan ke tempat yang menjamin tidak terjadi kebocoran.

Halaman
12
Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved