Sepanjang 2018 Hanya 18 Orang yang Mau Adopsi Anak di Bekasi

Pada 2018, Dinas Sosial Kota Bekasi mencatat ada 18 anak yang diadopsi,

Sepanjang 2018 Hanya 18 Orang yang Mau Adopsi Anak di Bekasi
Istimewa
ILUSTRASI Bayi baru lahir 

Jumlah pengadopsi anak di Kota Bekasi pada 2018 menurun dibanding tahun sebelumnya. Pada 2018, Dinas Sosial Kota Bekasi mencatat ada 18 anak yang diadopsi, sementara 2017 lalu ada 19 anak yang diadopsi.

"Jumlahnya hanya turun satu anak saja yang diadopsi pada 2018 lalu," kata Sekretaris Dinas Sosial Kota Bekasi Agus Harpa pada Ahad (10/2).

Agus mengatakan, banyak alasan di kalangan orangtua yang ingin mengadopsi seorang anak. Namun yang paling utama karena tidak memiliki keturunan pasca beberapa tahun menikah. Bahkan beberapa di antaranya tidak bisa memiliki anak karena persoalan medis.

Selain itu, mengangkat anak juga bertujuan untuk mempertahankan ikatan perkawinan atau kebahagian keluarga.

Di sisi lain, orangtua yang belum memiliki keturunan secara biologis sengaja mengangkat anak agar ada yang memeliharanya di hari tua.

"Guna mengisi kehidupan keluarga, akhirnya mereka mengadposi seorang anak," jelas Agus.

Agus menjelaskan, mengadopsi anak telah diatur oleh tiga payung hukum yakni UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2007 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak dan Peraturan Menteri Sosial Nomor 110 tahun 2009 tentang Persyaratan Pengangkatan Anak.

Karena itu, kata dia, ada mekanisme yang perlu dilalui calon orangtua yang hendak mengadopsi anak.

Berdasarkan tiga payung hukum itu, maka syarat anak yang boleh diadopsi adalah belum berusia 18 tahun, merupakan anak terlantar, berada dalam asuhan keluarga atau lembaga pengasuhan dan memerlukan perlindungan khusus.

Sedangkan persyaratan bagi orangtua yang ingin mengadopsi anak ada 13 point.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved