Jokowi Ngaku Sempat Remehkan Bisnis Putranya, Sang Pisang

PRESIDEN Joko Widodo pernah meremehkan Sang Pisang, produk pisang goreng nugget yang digeluti sang putra bungsu, Kaesang Pangarep.

Jokowi Ngaku Sempat Remehkan Bisnis Putranya, Sang Pisang
Kompas.com/Fabian Januarius Kuwado
PRESIDEN Joko Widodo saat menghadiri acara Festival Terampil 2019 di Mal Kota Kasablanka Jakarta, Sabtu (9/2/2019). 

"Begitu anak saya sudah memiliki 54 cabang (Sang Pisang), saya tanya, Le, ongkos produksinya itu berapa sih? Omzetnya berapa sih per outlet? Saya kemudian ditunjukkan. Ya enggak perlu pakai kalkulator, saya langsung kalikan 54. Lho, kok pabrik saya kalah?"

PRESIDEN Joko Widodo rupanya pernah meremehkan Sang Pisang, produk pisang goreng nugget yang digeluti sang putra bungsu, Kaesang Pangarep.

Hal itu diceritakan saat ia menghadiri Festival Terampil 2019 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada Sabtu (9/2/2019).

Awalnya, Jokowi mengungkapkan pendapatnya soal perkembangan teknologi dunia mengakibatkan perubahan lanskap ekonomi, sosial, politik, dan budaya.

Perubahan itu memunculkan profesi baru yang sebelumnya dianggap tidak menjanjikan.

"Misalnya ya pisang goreng nugget itu. Apa sih ini pisang goreng nugget? Maaf ya, saya awalnya agak meremehkan pertama-tama," ujar Jokowi.

Jokowi langsung teringat saat ia menawarkan ke Kaesang untuk mengurus perusahaan mebel yang telah dirintisnya sejak nol. Kaesang menolaknya. Ia memilih merintis bisnis sendiri.

Rupanya pilihan sang putra bungsu membuat Jokowi sedikit terkejut lantaran keuntungannya cukup besar.

"Begitu anak saya sudah memiliki 54 cabang (Sang Pisang), saya tanya, Le, ongkos produksinya itu berapa sih? Omzetnya berapa sih per outlet? Saya kemudian ditunjukkan. Ya enggak perlu pakai kalkulator, saya langsung kalikan 54. Lho, kok pabrik saya kalah?" kata Jokowi.

Kini, Jokowi mendukung penuh bisnis yang digeluti putranya. Ia hanya berpesan kepada anak-anak untuk memulai bisnis benar-benar dari nol.

Sebab, ia ingin sang anak benar-benar mengerti seluk-beluk bisnisnya sendiri. Apabila mengerti seluk-beluk bisnisnya, Jokowi pun yakin bisnis tersebut tidak akan goyah walaupun diterpa kesulitan.

"Kepada anak-anak saya, saya sampaikan, memulai sesuatu itu lebih baik dari nol, bukan dari punya sesuatu yang besar. Bisa ambruk nanti kalau terkena gelombang kecil, apalagi gelombang yang besar," ujarnya. (Fabian Januarius Kuwado)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cerita Jokowi Sempat Meremehkan "Sang Pisang"..."

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved